Mutiara Hikmah, Oleh Ust. Harir Rijal

Perbedaan adalah bagian dari sunnatullah. Surga aja,, memiliki delapan pintu yang berbeda. Ini membuktikan biarkan setiap orang memilih pintunya sendiri. Jangan paksakan semua orang harus memilih pintu yang satu. Perbedaan dan khilafiyah adalah sunnatullah. Keanekaragaman adalah keindahan. Pelangi terlihat indah karena memiliki bermacam warna.

Hal yang istimewa bagi kita belum tentu istimewa juga bagi orang lain. Begitupun sebaliknya. Dibutuhkan kesadaran untuk memahami orang lain agar bukan ego pribadi yang hanya berperan dalam diri. Setiap orang memiliki pola dan cara berfikir yang berbeda, hormatilah perbedaan itu.

Ingatt haiii,, shobat. Yang bisa didengar adalah orang yang mau mendengar. Yang bisa dihormati adalah orang yang mau menghormati. Yang bisa dipahami adalah orang yang mau dipahami.. Tidakan ada orang yang mau mendengar kita kalau kita tidak mamu mendengar orang lain. Tidakan ada orang yang mau menghormati kita kalau kita tidak mau menghormati orang lain. Tidakan ada orang yang mau memahami kita kalau kita tdak mau memahami orang lain.
(klm)