Kamis (05/09/13) para santri kembali disibukkan dengan kegiatan Jamrana berikut dengan perlombaannya. Walaupun menginjak hari PORSEKA yang Ke-6 para santri tetap berusaha aktif, semangat dan tampil  sukses dalam setiap mata lomba.

Mengingat hari ini merupakan hari terakhir bagi mereka untuk dapat melaksanakn kegiatan Jamrana, segenap panitia memutuskan jadwal  untuk mengadakan Wide Game atau yang akrab dikenal Jelajah Alam. Rute yang dipakai adalah mengelilingi wilayah pesantren dengan mengadakan berbagai lokasi kreatif seperti melewati sungai, sawah dll. Ternyata jelajah alam ini mendapat respon yang sangat positif sekali dari seluruh santri walaupun wide game ini merupakan kegiatan yang membutuhkan energi extra seperti berjalan jauh, menjawab soal-soal pengetahuan Umum, Agama, kepramukaan para santri justru sangat senang dan antusias sekali karna ini merupakan permainan alam yang jarang mereka dapatkan.

Tak hanya itu dalam kegiatan jamrana ini bukan hanya pramuka yang ditingkatkan tapi juga dalam hal ibadah contohnya para peserta tetap diwajibkan untuk melaksanakan shalat 5 waktu secara berjama’ah di Masjid, sholawatan dll.

Selepas shalat dzuhur berjama’ah para peserta diberikan waktu untuk beristirahat dan bersiap-siap mengikuti perlombaan nantinya. Adapun mata lomba yang diadakan di sore hari adalah LKBB dan P3K.

Tak kalah menarik di malam hari disusul dengan acara Api Unggun dan Pemilihan Miss Jamrana. Acara untuk seluruh santriwati yang bertempatkan di kampus 1 ini dibawakan langsung oleh saudari Raihana Rizki Jilan dan Putri Hilmi Azizah Noor Keduanya merupakan santriwati kelas XII TMI. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan Oleh Sadza Razanah yaitu santriwati kelas X TMI.

Seperti biasa hadir 10 petugas api unggun yang terdiri dari 5 santri asrama dan 5 orang Non Asrama yang dikhususkan untuk kalangan MTs/SMP. Selain itu juga hadir Usth. Fitri Wulan Nasroh sebagai Pembina Upacara Api Unggun.

Setelah api unggun mulai menyala para santri bernyanyi sambil menunggu 21 calon Miss Jamrana yang akan tampil. Akhirnya setelah berbagai termin pertanyaan dilontarkan dan ajang untuk tanya jawabpun berakhir terpilihlah 3 Miss Terbaik Jamrana Tahun 2013 diantaranya:

1: Suci Fitriatunnisa

2: Rahmannisa

3: Jihan Balqis

Semoga dengan berakhirnya seluruh perlombaan memberikan pengaruh dan dampak positif kepada seluruh santri umumnya dan pesantren khususnya. Diharapkan para santri tetap dapat terus berkarya, berlatih, menggali potensi dan percaya diri dalam meningkatkan jati diri berprestasi.

(WARDAN/Annisa)