Darunnajah Cipining, seperti lampu pijar yang tak pernah habis bahan bakarnya. Seperti mesin generator yang tak berhenti memproduksi  cahaya, seperti tak pernah tidur karena letih, seperti seorang anak yang tak juga bosan bermain. Itulah kira-kira penggambaran Pesantren yang terletak di Bogor Barat dengan kepungan perkebunan sawit yang semakin menambah anggun parasnya.  

Penggambaran di atas bukan kamuflase atau analogi yang berlebihan, Pesantren ini hampir tidak pernah sepi dari hiruk pikuk gerak manusia di dalamnya. Lihat saja hari ini, setidaknya ada 3 perhelatan akbar sekaligus yang di gelar baik di kampus 1, 2 dan 3nya. Mau tau lebih lengkap apa saja?? Tinggal lanjutkan membacanya,

1. LP2GTM

PramukaGTM atau Gladi Tangkas Medan, moment  yang digelar 2 tahun 1 kali ini, yang dipanitiai oleh santri kelas XI MA, pada pagi ini 04/03/2013 telah dibuka yang mengambil lokasi di kampus 2, diikuti oleh 12 kontingen/pesantren dengan mengutus rata-rata 1 hingga 3 regu putra juga putri, yang ikut serta dan siap adu prestasi, gengsi, kreasi, dan nyali selama 4 hari ke depan. Peserta dibagi ke dalam dua lokasi yang berbeda, kontingen putri mengambil lokasi kampus 1 sedangkan kontingen putra di kampus 2 Darunnajah. Dalam LP2GTM ini setidaknya ada 43-50 lomba yang dipertandingkan, dengan sistem penjurian yang objektif, di mana juri tidak hanya internal Darunnajah tapi juga melibatkan juri undangan dan juri dari unsur bindamping kontingen masing-masing. 

2. LT

LT atau Lomba Tingkat hampir sama dengan GTM, dimana sama-sama mengambil tema “Pramuka”, hanya bedanya adalah LT peserta hanya internal siswa siswi Darunnajah saja yang pada tingkat Penggalang yaitu tingkat MTs, peserta di mulai dari kelas VII hingga Kelas VIII dan kelas takhasus, sedangkan kelas IX pelaksanaan pekan pemadatan atau pekan musamahah. Kegiatan ini dipanitiai oleh sebagian dari kelas XI dan X MA. Adapun lokasi yang digunakan LT ini juga kampus 1 namun dalam areal yang berbeda dengan GTM. Dan pada prinsipnya materi yang diperlombakanpun hampir sama dengan mata lomba di GTM, begitupun waktu pelaksanaannya sama dengan dengan GTM.

3. UAM

Ujian Akhir MadrasahDi tengah hingar bingar kampus 1 dan 2, Ujian Akhir Madrasah santri kelas XII MA pun dilaksanakan hari ini, yang seharusnya mengambil lokasi di kampus 2, kali ini dialihkan di lokasi kampus 3 Darunnajah, karena pertimbanggan lokasi yang lebih kondusif untuk pelaksanaan ujian. Di depan halaman ruang labolatorium MIPA dan komputer, peserta yang berjumlah 77 santri nihai (22 putri dan 55 putra) ini, mendapatkan pengarahan terlebih dahulu dari kepala Madrasah MA Darunnjaah, Ust Musthofa Kamal, SPdI, MA, yang akan berlanjut hingga hari sabtu. Pada awalnya suasana ujian sempat sedikit terganggu oleh suara pekak alat musik kira-kira 7 hingga 10 menit, ternyata sumbernya adalah pawai/anjangsana seluruh peserta GTM dan LT yang diarak oleh pasukan drumband putri melewati komplek kampus 3, sebagai tanda bahwa kemegahan dan kemeriahan GTM dan LT siap dibuka. Untungnya kondisi itu tidak lama, siswa segera kembali mendapatkan konsentrasinya dalam ujian. (WARDAN/Elana TodoMore).