Menu

Halal Bi Halal, Santunan Sosial, & Silaturrahmi Alumni Santri Non Asrama

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Silaturahmi merupakan salahsatu bentuk muamalah ma’annas yang sangat dianjurkan oleh syariat islam, karena dapat memperluas rizki dan memperpanjang umur kita, seperti yang kita ketahui dalam hadits berikut :

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.”

Hadits diatas adalah salahsatu hadits yang menerangkan dimana, bahwa keutamaan dari silaturrahmi itu sungguh sangat dahsyat luar biasa. Dampak dari silaturrahmi sangat bermanfaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mengimplementasikan hal tersebut Organisasi Siswa/i Darunnajah Cipining (OSADC/OSIDC) masa bhakti 2016 – 2017 mengadakan kegiatan Halal Bi Halal, Santunan Sosial, & Silaturrahmi Alumni Konslat Bogor, ini adalah merupakan salah satu program kerja Organisasi Siswa/i Darunnajah Cipining (OSADC/OSIDC) masa bhakti 2016 – 2017.

Selain dari salahsatu program Organisasi Siswa/i Darunnajah Cipining (OSADC/OSIDC) masa bhakti 2016 – 2017, kegiatan ini pun mempunyai tujuan lain yaitu, untuk mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat sekitar dengan pesantren, dan sebagai ajang atau wadah tempat berkumpulnya alumni Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining khususnya yang berdomisili di daerah Bogor, serta sebagai bentuk kepedulian santri Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining terhadap sesama, dan yang terakhir adalah sebagai media pembelajaran bagi santri Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining untuk bekalnya nanti ketika sudah menyelesikan proses pendidikannya di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 23 Juli 2017/29 Syawwal 1438 H, Yang berlokasi di Lapangan Upacara SDN Rengasjajar Kp. Nanggung, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.Sebagai panitia adalah santriwan dan santriwati kelas 12 MA/SMK.

Turut hadir Kepala Desa Rengasjajar bapak Enjek Nurjaya beserta Keluarga, Tokoh Masyarakat sekitar, Guru-guru SDN Rengasjajar, Masyarakat Sekitar, Wali Santri, Alumni Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang berdomisili di Bogor, serta segenap dewan guru Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Alhamdulillah, ucapan rasa syukur yang mendalam karena tahun ini masih bisa membantu masyarakat yang kurang mampu dalam ekonomi meskipun memang tidak begitu mencukupi. Tahun ini santri kelas 12 MA/SMK Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining menyantuni 50 Anak Yatim dan Dhuafa dari Kp. Nanggung Desa Rengasjajar. 

Kegiatan ini berlanhsung dengan meriah dan penuh senyuman dari hadirin, yang dimulai dengan berbagai macam penampilan seni dan atraksi dari santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Adapun penampilannya adalah : Qasidah, Nasyid Acapela, Syarhil, Puisi Beerantai, Musikalisasi Puisi, pidato 3 bahasa ( Indonesia, Arab, inggris ), Tari Saman, dan tak lupa penampilan dari pencak silat, yang di pandu oleh saudara, M. Kobul Mulyadi & Willy Latiful Kobir (Santri Kelas 12 SMK). 

Setelah berbagai atraksi dan penampilan selesai dilnjutkan dengan acara inti yaitu sambutan sambutan, pesan dan kesan, serta arahan dan nasehat kepada tamu undangan khususnya untuk santriwan dan santriwti Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Turut memberikan sambutan saudara Muhammad Santoso sebagai ketua pelaksana, Ust. Ridha Makky, M.Pd sebagai Kepala Biro Pendidikan, Ust. Husnul Mubarok, S.Pd sebagai Penanggung Jawab Utama dari kegiatan ini, Ust. Katena Putu Ghandi, S.Pd.I sebagai perwakilan Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining, Bapak Enjek Nurjaya sebagai kepala Desa Rengasjajar, serta yang terakhir adalah pesan dan kesan dari Alumni Konsulat Bogor.

Adapun untuk pemberian santunan langsung diberikan oleh Ka. Biro Pendidikan Ust. Ridha Makky, M.Pd dan Ibu Kepala Desa Rengasjajar Ibu Eha Julaeha.

Bukan saja meriah acarapun berjalan dengan khidmat dengan tausyiah atau nasehat oleh Kh. Memed Kosasih yang bertemakan “Masa Muda Yang Bermanfaat

Acara pun ditutup oleh pengatur waktu saudara Ahmad Haufal Mahrom & Shofwan Hadi (Santri Kelas 12 SMK). Dengan membaca do’a kifaratul maklis dan sesi perfotoan, serta ramah tamah ditempat yang telah panitia seediakan.

Semoga kegiatan ini menjadikan ladang amal ibadah bagi santriwan dan santriwati kelas 12 MA/SMK, serta menjadikan modal sebagai langkah awal menjadi generasi muda yang bermanfaat, bermartabat, serta anak muda yang selalu menggerakan kepada hal hal positif, pencegah amal munkar dan pelopor amar ma’ruf.

(WARDAN/Iskana/NJalu)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

STAI Darunnajah Gelar Lomba Dakwah Haji Se-Jabodetabek,

STAI Darunnajah Jakarta akan menggelar Lomba Dakwah Haji se-Jabodetabek pada tanggal 7 Maret 2020. Dalam menggelar acara ini, STAI Darunnajah bekerjasama dengan Forum Komunikasi Alumni