Guyuran Hujan Menambah Semangat Peserta Perjumsa Melewati Rute Wide Game
Menu

Guyuran Hujan Menambah Semangat Peserta Perjumsa Melewati Rute Wide Game

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
blank
Salah satu regu perjumsa yang sedang berada di pos merayap

Saat semua peserta Perjumsa sudah siap di lapangan dengan pakaian lengkapnya untuk mengikuti wide game tiba-tiba hujan turun membuat barisan yang sudah rapi membubarkan diri untuk berteduh di tenda masing-masing.

Jam 07.30 hujan mulai reda, kembali para peserta perjumsa berbaris rapi untuk mendengarkan pengarahan dari kakak Pembina untuk pelaksanaan wide game. Kak Atun sebagai petugas pos pemberangkatan menjelaskan bahwa regu yang dapat membaca sandi semaphore dengan cepat dan benar, maka regu tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk berangkat terlebih dahulu.

Bertidak sebagai pengibar bendera semaphore adalah kak Ricky dan regu yang dapat membaca sandi semaphore dengan benar dan cepat adalah regu Naga, sehingga berhak untuk berangkat mengikuti kegiatan wide game pertama.

Pada perjumsa kali ini pada kegiatan wide game terdapat enam pos, diantaranya adalah pos sandi semaphore, pos tandu, pos harta karun, pos merayap, pos halang rintang, dan pos sandi kotak. Setiap pos para peserta perjumsa akan mendapatkan tugas dari kakak Pembina, seperti pada pos harta karun para peserta mendapatkan tugas untuk mencari sebuah kertas dengan tanda ikatan tali raffia warna biru.

Dari enam pos yang dilewati, terdapat dua pos yang memacu adrenalin para peserta perjumsa yaitu saat menuju pos halang rintang. Dimana para peserta akan melewati area persawahan dengan pematang yang sempit dan licin karena diguyur hujan sebelumnya.

Banyak peserta yang kakinya terperosok ke dalam lumpur sawah dan juga terjatuh diantara pematang yang mengakibatkan sepatunya seperti terhisap lumpur, sehingga dengan susah mengabil sepatu dengan cara menarik secara pelan-pelan.

Sedangkan untuk pos yang cukup menyenangkan adalah pos halang rintang, dimana para peserta akan menuruni tebing kecil untuk sampai ke sebuah sungai. Untuk sampai ke sungai peserta perjumsa diharuskan turun dengan cara memperosotkan diri ke tanah yang banyak lumpurnya.

Setelah sampai ke sungai peserta diberi kesempatan untuk membersihkan celana dan pakaian mereka yang kotor dengan lumpur setelah sebelumnya pada pos merayap mereka merangkak dalam kubangan lumpur.

Selanjutnya para peserta perjumsa akan melanjutkan perjalanan ke pos terakhir yaitu pos sandi kotak yang dijaga oleh kak Labib dan kak Joni sebelum mereka kembali menuju ke bumi perkemahan Al Mansur.

Dibutuhkan waktu sekitar dua jam setengah untuk menempuh rute yang telah ditentukan oleh panitia dengan melewati enam post.

Semoga kegiatan wide game ini memberikan kenangan yang berkesan dan dapat memberikan pelajaran yang berharga bagi peserta perjumsa terutama tentang kemandirian, kerjasama tim, dan setia kawan.

Salam Pramuka

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait