blank

Gali Potensi, Pengasuhan memberikan Pembelajaran Berbasis Proyek

Gali Potensi, Pengasuhan memberikan Pembelajaran Berbasis Proyek

blank

Dimasa pandemi saat ini, seluruh sektor dituntut untuk melakukan gebrakan atau inovasi inovasi terbaru guna mensiasati agar segala aktivitas berjalan tetap pada semestinya. Biro Pengasuhan Santri Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta merumuskan sebuah metode pelajaran jarak jauh yang dinamai dengan , Proyek Pembelajaran Santri Jarak Jauh.

Proyek atau Penugasan kali ini diberikan kepada seluruh santri untuk menghasilkan sebuah karya nyata, tidak hanya sebuah gagasan dan teori saja. Dimana para santri diminta untuk memvideokan atau mengambil cuplikan gambar saat mereka sedang melaksanakan proyek tersebut. Alangkah baiknya, Jika sedang melaksanakannya mendapatkan bimbingan atau pantauan dari orang tua.

blank

Disebutkan pada gambar, Bentuk bentuk pilihan dari proyek ini dan juga ketentuan ketentuan yang harus ditaati oleh seluruh santri dalam pengerjaannya. Disebutkan diatas bahwa santri wajib menghasilkan 2 karya. Karna, karya tersebut akan menjadi portofolio penilaian Rapot Pengasuhan Mid Semester 1

Adapun batas pengiriman karya, ditanggal 10 Agustus 2020 kemarin. Dan juga diingatkan bahwa, karya yang dikirimkan atau dilampirkan haruslah karya orisinil, yaitu karya yang benar benar murni hasil karya dan keringat sendiri, bukan dari hasil menjiplak secara utuh karya orang lain.

Selain dengan beberapa ketentuan yang harus ditaati seluruh santri, terdapat berbagai macam cabang pilihan dalam pembuatan karya tersebut. Ada 10 jenis cabang pilihan karya yang dapat di buat, antara lain :

  1. Kesenian
  2. Keterampilan
  3. Digital, Video Pendek
  4. Literasi
  5. Eksplorasi Alam
  6. Produksi Album
  7. Kreasi Makanan
  8. Kreasi Menghias Ruangan
  9. Desain/Menjahit Baju
  10. Virtual Travelling

Mengapa cabang pilihan terhitung banyak ? Karna, Pengasuhan sudah mempertimbangkan dan mengambil langkah bahwa, setiap santri memiliki bakat dalam pengerjaan suatu hal sangatlah berbeda beda dan juga memiliki karakteristik masing masing. Apabila pilihan tidak banyak, maka santri akan sulit untuk show up skill atau kemampuan yang mereka miliki.

Namun, Apabila ada hal lain yang dipikirkan para santri selain klasifikasi diatas, selama berbentuk edukasi dan positif, dapat dikomunikasikan dengan para musyrif atau wali kelasnya masing masing.

Semoga dengan diberikan penugasan praktek seperti ini, santri menjadi lebih percaya diri dalam menunjukan bakat bakat luar biasa yang ada didalam diri masing masing.

Ditulis oleh Muhammad Ichsanul Aulia, Reporter Darunnajah.com Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah