Menu

Dr. Muhammad Muflih, MA: Sang Doktor Terbaik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Alhamdulillah, semoga tiada berlebihan jika keluarga besar Darunnajah Cipining turut mengucapkan selamat atas kelulusan salah satu anggota IKPDC (Ikatan Keluarga Pesantren Darunnajah Cipining) pada program pendidikan doktoralnya. Muhammad Muflih, alumni angkatan ke-5 (1997) ini juga menjadi Doktor terbaik pada wisuda sarjana ke-79 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2/2/2010).

 

Lelaki kelahiran Palembang, 21 Desember 32 tahun yang lalu, kini tengah mengabdikan dirinya sebagai seorang pengajar (PNS) yang bertugas di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Program Studi Keuangan Syariah. Selain pengalamannya yang sudah seabrek di dunia organisasi dan pendidikan, ia juga mengasah kemampuan menulisnya dengan baik, saat ini 2 buku hasil karyanya telah diterbitkan,  ‘Menjadi Orator Ulung’ (PT. Grasindo, 2004) dan ‘Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam’ (PT. Raja Gafindo Persada /Rajawali Pers, 2006). 

Masa kecilnya ia habiskan di lembaga pendidikan bernama  TK Bhayangkari Palembang dan SD 03 Pagi Kalibata Jakarta Selatan. Tahun 1991 s.d 1997, ia mengenyam pendidikan pesantren modern Darunnajah Cipining pada tingkat MTS/SLTP dan MA/SLTA. Selanjutnya, ia memilih kota Kembang sebagai tempat belajar di perguruan tinggi, yaitu IAIN Bandung, jurusan Muamalah.  S2 dan S3 ia mengambil  Konsentrasi Ekonomi Islam UIN Jakarta.

Sosok Muflih—nama akrab saat menjadi santri di Darunnajah Cipining memulai karirnya di dunia organisasi saat menjadi pengurus Bahasa Rayon Bawah Darunnajah Cipining pada tahun 1994 saat duduk di kelas XI MA. Setahun kemudian ia menjabat staf bagian keamanan pada Organisasi Pelajar Darunnajah Cipining (saat ini bernama OSDC). Pada puncaknya, yaitu masa jabatan 1996-1997 ia menduduki posisi ketua bagian bahasa.

 

Hobinya berorganisasi juga ia teruskan hingga ke jenjang Kampus. Maka tahun 2000, ia mendirikan BEM HIMA Muamalah IAIN Bandung dan menempati jabatan Ketua Litbang pada tahun 2001. Ia juga pernah menjadi anggota Ikatan Ahli Ekonomi Islam Komisariat Ciputat periode 2005-2006.

Di dunia kerja, pengalamannya juga terbilang matang. Posisi yang pernah digelutinya antara lain menjadi  Sekretaris Presiden Direktur PT. Columbindo  Perdana (2002), Dosen STAI Nida El-Adabi Bogor (2004-sekarang), Anggota Pendiri Jurusan S1 Ekonomi Islam IAIN Palembang (2005), dan Dosen Luar Biasa IAIN Palembang (2005-2006).

Ia kini telah dianugerahi 1 putera bernama A. Zahid Wazini (11 Bulan) buah pernikahannya dengan Wirda Hayati, S.Pd.I., MA. Alamat tinggal sekarang di Komplek Pesona Bangun Persada, Bandung Barat dan yang ingin korespondensi melalui E-mail, ia beralamat di [email protected]

Subscribe & Dapatkan Info Lainnya

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Perdana! Upacara Disiplin Di Semester Genap

Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 melaksanakan upacara disiplin mingguan nya yang pertama di tahun ajaran baru 2018/2019. dalam kesempatan kali ini pimpinan Pondok Ust Fajar

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Darunnajah Sambut Kedatangan Santriwati Setelah Liburan

Welcome Home, santri! Tak terasa libur telah usai, Pondok tercinta menanti kedatangan para santri yang bersemangat menuntut ilmuNya. Berikut dengan koper-koper,dan tas-tas jinjing yang menggambarkan