DIRO Adakan Sosialisasi Beasiswa Pertukaran Pelajar AFS & KL-YES

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Senin (07/09/2020) Salah satu goal terbesar Pondok Pesantren Darunnajah ialah menghasilakan alumni alumni yang dapat berkiprah di masyarakat. Dan untuk mencapai tujuan tadi, Pondok Pesantren Darunnajah melakukan banyak kerja sama dengan banyak institusi baik di dalam maupun luar negeri.

Alhamdulillah, kali ini Darunnajah International Relations Office (DIRO) mengadakan sosialisasi Beasiswa Pertukaran Pelajar AFS &KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study) Bekerja sama dengan lembaga nirlaba non-pemerintah yakni, Bina Antarbudaya.

blank

 

Sedikit informasi mengenai program ini, Beasiswa Pertukaran Pelajar AFS & KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study) adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Beberapa tokoh publik yang menjadi alumni dari program ini ialah, Anies Baswedan, Najwa Shihab, Joko Anwar, Mario Teguh dan banyak lain sebagainya. Dan pada kesempatan kali ini.

DIRO turut mengundang  alumni Pondok Pesantren Darunnajah yang turut menjadi alumni dari program Beasiswa Pertukaran Pelajar AFS & KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study) yakni, Danny Dwi Saputra alumni angkatan ke-38, Zata Bening alumni angkatan ke-35 dan juga Alif Alfarizi alumni angkatan ke-43

blank blank

Darunnajah International Relations Office dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta selaku pelaksana berharap program ini akan menjadi motivasi besar bagi santri yang ingin merasakan menuntut ilmu di Negeri Paman Sam yang akan menawarkan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Program beasiswa ini memang dikhusukan untuk mereka yang masih menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), adapun sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program beasiswa ini ialah :

  1.  Berusia antara usia 16-17,5 tahun.
  2.  Pada saat aplikasi mendaftar sedang berada di kelas 10 di sekolah menengah (SMA/SMK/MA/pesantren).
  3.  Tidak sedang berada di kelas akselerasi.
  4.  Memiliki rapor dengan nilai rata-rata B atau lebih dari itu.
  5.  Memenuhi persyaratan untuk mendapatkan visa J-1 dari Amerika Serikat.
  6.  Bukan lahir di Amerika Serikat atau memiliki orang tua yang merupakan warga negara Amerika Serikat.
  7.  Merupakan warga negara Indonesia. Program ini juga terbuka bagi siswa penyandang disabilitas dan mereka didorong untuk ikut berpartisipasi.

“Teruslah berlari dan buktikan pada dunia dan dirimu sendiri bahwa kamu bisa. Satu-satunya saat kamu bisa membanggakan dirimu adalah ketika kamu memutuskan untuk tidak menyerah dan terus berusaha. Doa dan usaha adalah kuncinya. Jangan lupa tawakkal, itupun salah satunya. Semangat pejuang beasiswa. Kalian adalah para penerus bangsa.” – Alif Alfari Pejuang Beasiswa AFS & KL-YES, Alumni Darunnajah angkatan 43

Kita semua berharap, semoga tahun ini santriwan maupun santriwati Pondok Pesantren Darunnajah diberikan kesempatan untuk lolos kualifikasi Beasiswa Pertukaran Pelajar AFS & KL-YES (Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study) dan ketika kembali dapat memberikan banyak motivasi dan juga energi positig kepada santiwan maupun santriwati lainnya, Aamiin.

Ditulis oleh Muhammad Ichsanul Aulia, Reporter Darunnajah.com Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika