Dilantik Di Balaikota Jakarta, Pengurus IKPDC Siap Khidmah Untuk Almamater, Bangsa & Agama Tercinta

Dilantik Di Balaikota Jakarta, Pengurus IKPDC Siap Khidmah Untuk Almamater, Bangsa & Agama Tercinta

Pelantikan Pengurus IKPDC Masa Khidmah 2022-2025

Bagikan

*Dilantik Di Balaikota Jakarta, Pengurus IKPDC Siap Khidmah Untuk Almameter, Bangsa & Agama Tercinta.*

Pelantikan Pengurus IKPDC Masa Khidmah 2022-2025

Jum’at, 5 Shafar 1444 H yang bertepatan 2 September 2022 M, menjadi babak lanjutan yang penting pasca Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Keluarga Pesantren Darunnajah Cipining (IKPDC) 4-5 Juni 2022 lalu.

Ya, hal tersebut dikarenakan pada ‘penghulunya hari-hari’ _(sayyidul ayyaam)_ ini, segenap pengurus baru IKPDC Masa Khidmat 2022-2025 dilantik secara sah.

Antusiasme yang menggembirakan organisasi alumni ini tampak dari berbagai indikator, antara lain: maraknya informasi dan sosialisasi di media sosial, sudah tibanya sebagian besar dewan penasihat, dewan pakar serta pengurus dan alumni di Masjid Fatahillah Balaikota Jakarta jelang Sholat Jum’at, beberapa karangan bunga ucapan Selamat & Sukses, pelaksanaan agenda yang on time, hingga penuhnya aula Balaikota Jakarta dengan peserta dan hadirin. Peserta tidak hanya datang dari Jabodetabek saja, melainkan juga dari luar Jawa, antara lain dari Sumatera.

Tepat pukul 13.30 wib, dilaksanakan gladi pelantikan, dan pukul 14.00 wib secara seremonial agenda pun dimulakan. Setelah pembukaan dari mc oleh Aria Abduh dan Laela Siti Kamilah dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan dirigen Nabilah Rahmayanti pembacaan ayat suci al-qur’an oleh Ustadz Prasda Dharma Eka, menyanyikan lagu Hymne Oh Pondokku dan Mars Darunnajah, maka prosesi pelantikan pun dilaksanakan.

Sesi pelantikan dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) IKPDC oleh Ketua Umum terpilih, Ustadz Dr. Septa Candra, S.H., M.H., yang juga memanggil 12 orang Dewan Penasihat 17 orang Dewan Pakar dan 118 orang Pengurus Pusat IKPDC, untuk maju dan atau berdiri sesuai tempat yang telah diatur sedemikian rupa di panggung utama dan tempat duduk mereka.

Komposisi Badan Pengurus Pusat IKPDC, terdiri dari:

Dewan Penasehat, Dewan Pakar, Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris Jenderal, Bendahara, Bantuan Hukum dan Advokasi, Pemberdayaan Perempuan, Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan, Pendidikan dan Penguatan Karakter, Pengembangan Informasi dan Media Sosial, Organisasi dan Pengembangan Lembaga, Kerjasama dan Kemitraan, Pengembangan Kompetensi SDM dan Profesi, Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana, Penggalangan Dana Abadi Alumni/ Fun Rising, Pengembangan Da’wah dan Komunikasi Umat, Kepemudaan dan Olahraga, Publikasi dan Literasi Ilmiah, Pengembangan Minat, Bakat dan Seni Budaya, dan Pengembangan dan Pembinaan Cabang

Adalah Ustadz Ahmad Rosihin Wasyraf, M.M.Pd., (Alumni TMI Darunnajah 2 Cipining angkatan pertama tahun lulus 1994, Penjamin Mutu Pendidikan Darunnajah 2 Cipining dan anggota Dewan Penasihat IKPDC) mewakili Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc., melantik dengan mengambil ‘Sumpah Jabatan’ jajaran pengurus IKPDC.

Usai prosesi pelantikan, Ustadz Septa menyampaikan sambutan Ketua Umum IKPDC. Antara lain memaparkan urgensi organisasi alumni bagi kemajuan pesantren, sesuai tema ‘Alumni Kuat, Pesantren Hebat. Ia juga menyampaikan harapan agar kiranya IKPDC dapat lebih berperan secara optimal. Tidak lupa, ia juga mengapresiasi sinergi alumni dengan pihak pemerintahan. “Jakarta adalah episentrum Indonesia. Alumni Darunnajah tersebar dimana-mana, dengan pelantikan di Jakarta menunjukkan kesiapan untuk berkhidmat bagi bangsa dan agama, tentunya juga bagi almameter tercinta!” ungkapnya mantap penuh makna.

Sambutan Ketua Umum IKPDC

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) tersebut juga menggarisbawahi pentingnya sinergi dalam beraksi. “Ini organisasi besar dan amanahnya banyak, tentu saya tidak bisa bergerak sendiri, oleh karenanya sangat diperlukan kerjasama dari semuanya!” tegasnya.

Adapun sambutan Pimpinan Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor, pada kesempatan ini diwakili oleh Ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I., M.Pd. Di awal sambutan, ia menyampaikan salam dari Bapak Kiai kepada segenap para alumni karena beliau belum berkesempatan hadir langsung di lokasi pelantikan. Kemudian, disampaikan beberapa informasi update pesantren, antara lain telah keluarnya SK Universitas Darunnajah, yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan grand launching bersama Wakil Presiden Republik Indonesia, Revitalisasi TMI (Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah). “Para alumni perlu juga mendengar istilah Revitalisasi TMI, tidak hanya dewan guru dan para santri. Yang antara lain, bahwa para santri dalam proses pendidikan harus menjadi subjek bukan hanya objek!”. Oleh karenanya, antara lain para santri kelas 6 TMI sudah mulai diwajibkan program khidmah (mengabdi) hal mana pada titik tertentu program ini sejalan dengan program ‘Indonesia Mengajar’ yang pada waktu itu diinisiasi oleh Bapak Anies Baswedan, yang kemudian beliau menjadi Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan kini sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sambutan Perwakilan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining

Ustadz Muhlisin juga memanfaatkan kesempatan berharga tersebut, untuk me _review_ dan me _refresh_ Janji Alumni Darunnajah Cipining, yang sudah termaktub dalam buku Sabilun Najihin, antara lain:
1). Menjalankan syari’ah Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits dengan sebaik-baiknya;
2). Berpegang Teguh pada ajaran Islam dan aqidah ahlus sunnah wal jama’ah dan berupaya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, serta menjaganya hingga akhir hayat;
3). Menjadi pemimpin yang adil dan bertanggung jawab terhadap amanah (khalifah fil ardhi);
4). Berdakwah, menyebarkan ajaran Allah dan Rasul-Nya kepada masyarakat luas;
5). Menjunjung tinggi kehormatan diri dan keluarga, dan nama baik almameter, dan berahlak mulia, serta menjadi teladan dimanapun dan kapanpun berada;
6). Tetap berupaya menuntut ilmu, memperluas wawasan dan pengalaman, serta mengembangkan diri sepanjang hayat;
7). Memelihara ukhuwah islamiyah dan meningkatkannya;
8). Menjadi warga negara Republik Indonesia yang baik, toleran, taat hukum, dan berjasa bagi negara serta bangsa tercinta.

Ia juga mengajak segenap alumni untuk semakin giat dalam menulis tentang abcd pesantren, sehingga bisa difahami semakin macrocentris. Hal ini sesuai tugasnya dalam IKPDC untuk membersamai para pejuang publikasi ilmiah dan literasi.

Sambutan Kepala Biro Pendidikan Mental Pemerintah DKI Jakarta

Tidak hanya dihadiri intern Darunnajah, pada pelantikan IKPDC ini hadir pula sebagai tuan rumah, Kepala Biro Pendidikan Mental Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Bapak H. Aceng Zaini, M.H. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi peran pesantren Darunnajah dan alumninya. Disebutkan beberapa personalia aparatur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah alumni Darunnajah. Ia juga menyampaikan beberapa program terkait perhatian dan bantuan pemerintah DKI Jakarta kepada tempat ibadah, guru ngaji, marbot masjid, juga pesantren-pesantren. Beberapa kali terdengar tepuk tangan audiens mengapresia sambutannya yang diselingi dengan beberapa sya’ir dan pantun.

Pemberian Buku KH. mahrus Amin: Seribu Pesantren, Sejuta Santri

Rangkaian acara disempurnakan dengan munajat doa dipimpin oleh Ustadz Abunazar Alim Usman. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian buku _KH. Mahrus Amin: Seribu Pesantren, Sejuta Santri_ dari delegasi Darunnajah 2 Cipining Bogor kepada Gubernur DKI Jakarta via Kepala Biro Pendidikan Mental.

Sebagaimana lazimnya, tidak tertinggal sesi perfotoan bersama-sama. Pukul 15.30 wib seremonial telah usai dan dilanjutkan pertemuan informal. Agenda pelantikan yang digawangi Ustadz Rizki Nurohman yang notabene Sekretaris Jenderal IKPDC bersama seluruh jajaran panitia pelaksana ini, dinilai sukses dan berjalan dengan lancar dan khidmat. Banyak apresiasi disampaikan. Meski, internal panitia merasa masih ada kekurangan dalam beberapa hal. Begitulah, sesuai pepatah santri _even the best can be improved_. Panitia mencatat, dalam daftar kehadiran telah aktif berpartisipasi ratusan orang pada momentum bersejarah ini.

Sebagian Dewan Penasihat dan Dewan Pakar IKPDC berpose bersama perwakilan Pemerintah DKI Jakarta

(Wardan/Mr.MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah