Pesantren Darunnajah Siapkan 330 Orang Terjun Ke Masyarakat
Menu

Pesantren Darunnajah Siapkan 330 Orang Terjun Ke Masyarakat

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

DARUNNAJAH.COM – JAKARTA, Pondok Pesantren Darunnajah akan melaksanakan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM), yang merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh Santri akhir kelas 6 TMI (Tarbiyatul Mu’alimin Wal Mu’alimat Al-Islamiyah) baik Putra maupun Putri.

Untuk itu, Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta andil dalam  pendidikan kemasyarakatan dengan  metode kegiatan praktik kemasyarakatan, sebagai kegiatan tahunan bagi santri kelas akhir (kelas III Aliyah) yang dilaksanakan sebelum mereka menamatkan pendidikannya di Darunnajah.

Kegiatan Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) telah berlangsung sejak tahun 1981, dengan segala perbaikan dan evaluasi dan dengan harapan upaya tersebut dapat bermanfaat bagi peserta khususnya dan bagi masyarakat pada umumnya.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka akan dilaksanakan pendekatan melalui pembentukan kelompok santri yang akan ditempatkan di beberapa Desa. Pembekalan secara teoritis tentang ilmu kemasyarakatan, keagamaan dan sosial ekonomi masyarakat serta bimbingan teknik dalam bermasyarakat.

PPM tahun ini diselenggarakan di Kota Dumai Provinsi Riau. Yang dibagi menjadi beberapa kecamatan diantaranya Bukit Kapur, Dumai Barat, Dumai Timur, Dumai Kota, Medang Kampai, Sungai Sembilan, dan Dumai Selatan.

Kegiatan PPM ini berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai hari Kamis, 14 Desember 2017 s/d Jum’at, 29 Desember 2017. Adapun keberangkatan pada Selasa, 12 Desember 2017 pukul 01.00 WIB dini hari.

330 orang siap berangkat untuk mensukseskan kegiatan PPM di Kota Dumai Provinsi Riau. Yang terdiri dari 264 Santri, 49 Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA), dan 17 Panitia PPM.

Tujuan diadakannya kegiatan PPM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan santri dalam bidang kepesantrenan, kegiatan kemasyarakatan, dan keagamaan; Menumbuh kembangkan sikap kemandirian santri dan jiwa tolong-menolong, peka terhadap permasalahan kemasyarakatan dan keagamaan, serta dapat memberikan solusi penyelesaian terhadap berbagai masalah; Menjalin tali silaturrahmi antara Pondok Pesantren Darunnajah dengan masyarakat luas; Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membantu program pemerintah untuk memberantas buta huruf dan buta Al-Qur’an; Dapat mengetahui secara mendalam perihal sosial kemasyarakatan; Dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di Pondok dalam kehidupan masyarakat.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait