Visi Dan Misi Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah menjadikan generasi yang IMAMA (Imam, Muttaqi, Alim, Mubaligh, Amil). Dan salah satu bentuk implementasi dari visi serta misi tersebut adalah dengan adanya suatu kegiatan yang terjun langsung ke masyarakat secara langsung.

Sebut saja Safari Dakwah atau yang dikenal dengan SAFDAK adalah program yang telah dijalankan oleh Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining selama 17 tahun. SAFARI DAKWAH ini adalah salasatu kegiatan santri yang merujuk pada urgensi praktik. Yang dilaksanakan pada setiap pekannya di hari kamis dan jum’at serta dilaksanakan secara masal atau umum disetiap sebelum liburan semester satu.

Tahun ini Safari Dakwah dilaksanakan pada tanggal 19-21 Desember 2018 yang diikuti oleh 135 Kafilah/Kelompok, dengan rincian 63 kelompok santri putra dan 72 kelompok santri putri yang terdiri dari 10, 11, 12, bahkan 13 anggota perkelompok dengan anngota kelompok dari kelas 1-5 TMI Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dengan wilayah destinasi daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (JABODETABEK), Cianjur, Tasik Malaya, Bandung, Dan Sekitarnya.

Dalam safari dakwah ini santri tidak dituntut untuk berceramah di Masjid, Musholah, Ataupun Majlis Ta’lim. Akan tetapi sasaran dari Safari Dakwah ini adalah santri bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat dan dapat mengetahui kondisi masyarakat. Diantara kegiatan yang dilakukan adalah bersilaturrahmi, membantu mengajar ngaji di Madrasah, dan TPA/TPQ, bakti sosial, mengadakan perlombaan, dll.

Seperti biasa sebelum diberangkatkan terlebih dahulu seluruh santri diberikan arahan dan pembekalan oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining serta Asatidz/Ustadzat ahli dengan materi-materi ataupun praktik-praktik yang nantinya santri lebih siap ketika langsung berbaur dengan masyarakat.

Kegiatan ini di awali dengan upacara yang dihadiri oleh seluruh peserta, pembimbing, dan jajaran dewan guru Pondok Pesantren Darunnajah 2 Darunnajah Cipining yang berlokasi di lapangan footsal kampus 1 putri. Sebagai bekal awal berbagai pesan dan motivasi didapat oleh seluruh peserta dari Ustadz Husnul Mubarak, S.Pd (Kepala Biro Humas dan Dakwah), dan dari Ustadz Muhlisin Ibnu Muharom, S.H.I (Kepala Biro Pengasuhan Santri), serta do’a dan amanat dari Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Do’a restu dari seluruh guru Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining juga menyertai mereka lewat salaman (jabat tangan) disertai gemuruh bacaan shalawat, sebelum setiap kafilah pergi menuju lokasi safdak dengan armada yang sudah menunggu di parkiraan Pesantren.

Semoga kegiatan Safari Dakwah ini menumbuhkan kecintaan santri terhadap agamanya dan menjadi motivasi mereka untuk selalu meningkatkan kualitas diri baik dalam ilmu dan amal. Serta semoga kegiatan ini menjadikan Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining semakin maju, sukses, dan barokah diusianya yang ke 30 tahun dan diridhoi Allah SWT. Aamiin
(WARDAN/NJalu)

safari dakwah