DAN UJIAN SEMESTER PUN DIMULAI....
Menu

DAN UJIAN SEMESTER PUN DIMULAI….

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Hari ini, sabtu (29/5/2010) merupakan awal dari Ujian Akhir Semester Genap tahun ajaran 2009-2010. Pagi tadi, seluruh santri putra dan putri berkumpul dan berbaris di lapangan basket Pesantren Darunnajah Cipining untuk mengikuti upacara pembukaan ujian. Seluruh dewan guru pun berbaris di depan para santri.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Darunnajah Cipining, Ustadz Drs. Abdur Rosyid Soleh berkenan memberikan arahan dan nasehatnya. Menurutnya ujian lisan merupakan persiapan untuk menghadapi ujian tulisan. “Orang yang menguasai bahasa, akan menguasai dunia”, imbuh ustadz yang berasal dari Palembang ini. Beliau juga mengingatkan bahwa dengan ujian bisa memuliakan atau justru bisa merendahkan seseorang. Untuk itu, dia berharap agar para santri menggunakan waktu yang ada dengan belajar yang serius dan sungguh-sungguh. Tidak lupa juga, agar setiap santri menjaga kesehatannya dengan melakukan olahraga kecil. Sehingga bisa fit selama ujian berlangsung.

Selain itu, Kepala Asrama Santri Putra Ustadz Mukhlisin, SH.i juga memberikan arahan dan nasehatnya kepada segenap santri untuk menjaga dan menaati disiplin yang ada. ”Jangan sampai, suasana ujian ini bisa terganggu dengan pelanggaran-pelanggaran yang ada. Oleh karena itu, semua nya harus menjaga suasana yang kondusif untuk belajar. Maka setiap pelanggaran yang terjadi pada saat ujian, akan dikenakan sanksi dua kali lipat”, ungkap ustadz Mukhlisin mengingatkan. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa ujian lisan merupakan pembuktian bahwa bahasa adalah mahkota pesantren bukan hanya slogan belaka. Kemudian, upacara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah, Ustadz Jeje Juraimi, S.Ag.

Minggu pertama ujian akhir semester ini, diawali dengan ujian lisan (imtihaanu syafahi) bahasa Arab dan bahasa inggris. Adapun materi yang diujikan dalam ujian lisan bahasa Arab antara lain; muhadatsah, durusul loghoh al-’arabiyah, ilmu an- nahwu, shorf, mutjola’ah, mahfuzhot, dll. Adapun materi yang dujikan dalam bahasa Inggris antara lain, conversation, reading text, grammar, dsb. Minggu selanjutnya akan dilaksanakan ujian tertulis.

Suasana ujian sangat nampak sekali dengan spanduk-spanduk yang terpampang di setiap sudut pesantren. Spanduk tersebut berisikan kalimat-kalimat motivasi yang sangat inspiratif. ”Where there is a will THERE IS A WAY”, demikian salah satu bunyi spanduk itu. Spanduk yang lain bertuliskan, ”Man Jadda wajada” (Barang siapa bersungguh-sungguh, pasti berhasil). Para santri pun terlihat selalu membawa buku kemanapun mereka berada. Dan ujian pun dimulai, ma’annajah fil imtihan. Success in your exam. (wardan/dzikrillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan