Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?
Menu

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam.

Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa santri senior, tentunya di bawah kontrol guru atau pembimbing qismul amn/bagian keamanan pondok.

blank
Penjaga Keamanan

Pada tahun 1998 – 1999an ketika kami santri kelas 5 TMI (XI MA) dan juga menjadi qismul amni Organisasi Santri Darunnajah Cipining (OSDC) beberapa kali diberi kepercayaan cie cie oleh guru pembimbing qismul amni untuk daur (keliling kontrol) ke kampung sebelah pesantren jika ada layar tancap alias bioskop misbar (gerimis bubar) tapi tak pernah menemukan santri lain yang ada di sana (entah kalau ngumpet hahaha).

Pernah juga pengalaman ngejar-ngejar sampai ke sawah maling pakaian santri yang diremdam di hammam (kamar mandi) atau jemuran. Waktu itu memang masih terasa efek krismon alias krisis moneter jadi ekonomi masyarakat sulit sehingga apa saja dicuri asal bisa jadi duit.

Nah dalam hari-hari Covid ini tugas tersebut dihandle oleh guru-guru lajang yang masih tinggal di asrama, guru yang bertempat di rumah dinas (bait anshar ma’had) yang juga di asrama dan guru-guru yang tinggal di rumah pribadi sekitar pesantren. Beberapa santri kader militan (Ashabunnajah) yang masih stay at pesantren turut pula jaga malam ini.

Dalam tugas bulis lail ini terdapat pendidikan sense of belonging dan sense of responbility terhadap pesantren yang notabene aset wakaf pendiri pesantren, keluarga besar pesantren dan atau umat Islam. Wakaf harus berkembang dan produktif sampai hari kiamat. Bapak Kiai kami sering mengungkapkan: Tanah wakaf harus ditumbuhi orang-orang bukan rumput ilalang.

blank
Kopi

Biasanya untuk menjaga stamina dan menghilangkan rasa kantuk maka para petugas bulis lail akan mendapatkan konsumsi special dari Qismul Amn berupa qohwah (kopi) dan makrunah (mie instant)

Masih banyak lagi cerita seru lainnya mengenai amanah pondok yang kami jalani
(WARDAN/Mr. MIM)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan