Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Menu

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Percaya diri selalu menjadi masalah populer yang terkadang sulit dialami orang-orang. Entah itu dalam berbicara di depan umum, berkomunikasi dengan orang, menggapai cita-cita, dan pekerjaan yang sedang diseriusi. Padahal rasa percaya diri atau PD sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari agar hidup kita jadi jauh lebih mudah.

Dari beberapa kasus yang sudah ada, kepercayaan diri yang rendah biasanya disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang menimubalkan rasa trauma. Contohnya masalah keluarga yang kurang harmonis, perceraian, tertekan secara fisik maupun emosional, dan segala hal yang negatif terjadi sejak kecil.

Namun masih sedikit orang yang tahu bahwa kepercayaan diri ini mirip dengan otot tubuh yang bisa dilatih agar menjadi besar dan kuat. Eksistensi kepercayaan diri setiap manusia tergantung pada seberapa sering dan teratur ia mengasahnya.

Dengan begitu, di bawah ini adalah latihan-latihan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan rasa percaya dirimu.

  • Buat daftar kelebihan dan kekurangan Anda terlebih dahulu

Dengan terus mengasah dan menujukkan pada dunia bahwa Anda punya suatu kelebihan atau bakat, Anda bisa mengembalikan kepercayaan diri Anda kembali. Tidak perlu pengakuan dari orang banyak, orang-orang terdekat yang menyadari kemampuan Anda juga bisa membuat Anda lebih yakin pada diri sendiri.

Sedangkan kalau Anda sudah menemukan kekurangan, jangan berhenti sampai di situ atau hanya meratapinya. Justru Anda harus berjuang untuk meningkatkan kelebihan Anda supaya kekurangan ini tidak menjadi masalah bagi orang lain.

  • Berpikir positif dan membuang semua pikiran negative.

Hal berikutnya yang wajib Anda lakukan adalah jauhkan pola pikir negatif atau pikiran tidak bisa menjadi percaya diri. Jika Anda masih memiliki pola pikir pesimistis tersebut, maka akan semakin sulit bagimu untuk percaya diri, entah seberapa keras Anda berusaha menjadi percaya diri.

Sebaliknya, cobalah berpikir positif bahwa kepercayaan diri menjadi sesuatu yang alami ada dalam diri Anda. Sama seperti Anda melakukan kegiatan-kegiatan kecil setiap hari, Tentunya kamu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara biasa dan alami.

terapkan perasaan tersebut ke dalam kepercayaan diri Anda. Sehingga Anda terbiasa menjadi percaya diri secara alami di dalam kehidupanmu sehari-hari.

  • Menyiapkan kebutuhan pada hal yang tak terduga.

Tentunya dalam kehidupan sehari-hari terkadang terdapat sesuatu yang tak terduga, seperti halnya anda tiba-tiba ditunjuk untuk menjawab pertanyaan, tiba-tiba disuruh untuk berbicara kepada orang banyak. Nah, dari hal tersebut Anda sebaiknya menyiapkan apa-apa yang berkaitan dengan aktivitas anda untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

Walaupun ini jarang diketahui, tetapi cara ini sangat efektif.

  • Bersyukur

Mensyukuri apa yang Anda miliki dan bagaimana kondisi Anda sekarang akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Mengapa? Karena dengan bersyukur, Anda akan terus-menerus berpikir positif dan pastinya terhindar dari stres dan perasaan negatif lain.

Sebagai contoh, Anda bersyukur masih bisa makan hari ini, menghirup udara, memiliki pekerjaan, dan sebagainya.

  • Berdoa sebelum memulai segala hal.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwasannya doa sangat berpengaruh terhadap raga dan bathin manusia. Dan karena doa pula rasa percaya diri bisa tiba-tiba muncul dalam diri kita, karena kita yakin bahwasannya semua adalah kuasa Allah swt. dan segala sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya.

 

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan