Cara Jitu Belajar Dengan Cepat Dan Tangkap

Belajar

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Belajar Bagi pagi para siswa adalah sebuah kewajiban, kewajiban yang melekat pada predikat yang disandangnya yaitu : Pelajar. Belajar yang berkualitas bagi seorang pelajar adalah belajar yang efektif dan efisien.

Belajar yang tidak bermutu sama dengan buang-buang energi. Buang-buang energi setali tiga uang dengan menyia-nyiakan umur. Kalau usia muda hilang karena kesia-siaan maka tidak akan dapat diambil kembali. Mau tahu gimana cara belajar yang efektif dan efisien?

1. Dapatkan tidur yang cukup. Seringkali badan anda selalu merasa lelah jika anda belajar di waktu malam hari. Karena itu pada waktu siang hari, anda harus memastikan bahwa tidur anda sudah lebih dari cukup. Secangkir kopi pun tidak cukup untuk menuntaskan belajar anda pada malam hari, butuh waktu yang lebih panjang agar bias menyerap informasi. Penelitian membuktikan bahwa saat kita tidur, otak dibersihkan dengan cairan yang membuang toksin. Saat kita tidak cukup tidur, otak kita terlalu dipenuhi sampah sehingga sulit berfungsi dengan benar.

2. Makan cukup. Saat Anda lapar, otak Anda akan kesulitan menyerap informasi apapun. Dipastikan untuk anda, makan yang cukup untuk mengonsumsi ke dalam tubuh,agar proses belajar menjadi lebih mudah.

3. Minum air yang cukup. Tubuh anda memerlukan cairan yang lebih untuk menteralkan tubuh dalam mengonsumsi makanan, agar lebih berkonsentrasi dalam belajar. Tubuh juga membutuhkan delapan gelas dalam sehari. Jika anda ingin mengetahui seberapa banyak kah anda mengonsumsi air seharian ini? Jika warna air kencing anda pucat atau bening, maka anda cukup untuk mengonsumsi air. Jika warna air kencing anda kuning, maka anda kurang mengonsumsi air putih.

4. Jangan lupa untuk berolahraga. Olahraga setiap hari untuk menyeimbangkan tubuh anda dari berbagai makanan yang mengandung lemak. Apakah anda tahu bahwa olahraga juga bisa membantu anda untuk belajar lebih cepat? Contohnya jika anda ingin mengelilingi ruangan yang agak besar,sambil menghafal pelajaran yang anda pelajari.

5. Berdoalah sebelum memulai belajar. Doa menguatkan kita untuk belajar lebih semangat dan memudahkan pelajaran.

6. Memahami kriteria belajar. Anda lebih suka belajar dengan membaca buku atau mencari informasinya di internet? Gunakan sesuka hati anda jika anda lebih suka membaca buku dibandingka melalui internet.

7. Buat jadwal belajar yang teratur. Anda harus menaati jadwal belajar yang baik, jangan hanya membuatnya saja,tetapi tidak dilaksanakan. Buatlah jadwal belajar anda dengan nyaman.

8. Perhatikan apa yang ingin anda pelajari dan perbaiki. Emosional anda tentu sangat memengaruhi cara belajar anda, jika emosional anda sedang buruk, maka belajar anda sangat terganggu, jika emosional anda sedang baik, makan belajar anda akan lebih bersemnagat.

9. Belajar dengan tentukan target nilai yang ingin dicapai. Contohnya ingin nilai rapot anda tinggi, atau nilai harian anda tinggi. Targetkan angka yang membuat nilai anda jadi memuaskan.

10. Baca selalu jangan sampai bosan. Tanpa membaca,kita tidak bias mengetahui informasi yang ada dibuku. Jangan pernah bosan dengan membaca, karena membaca adalah hal yang utama bagi kita untuk belajar.

KLIK DISINI 

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir