Menu

Cara convert font arab agar tidak putus-putus

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kamu pernah dong membuat desain yang menggunakan tulisan Arab? Misalnya Kalender, Brosur, Majalah atau lainnya. Nah, saat kamu hendak mengirimkan file projectnya ke client atau ke percetakan, biasanya kamu melakukan konversi font Arab agar tidak berubah bentuknya. Kecuali client atau percetakan yang di tuju memang memiliki font yang kita gunakan, gak masalah walaupun tidak di curve.

Salah satu kendala saat mengkonversi Font Arab kedalam bentuk curve adalah tulisan yang terputus-putus (tidak menyambung). Tentu ini menjadi masalah yang lumayan bikin kamu galau, karena tulisan Arab hasil desain kita menjadi tidak rapi. Otomatis client alias pelanggan kita menjadi kecewa dan tidak puas dengan hasil gawe kita. Lalu gimana cara Convert Font Arab yang benar dan tidak putus-putus? Mudah! Lanjutkan saja bacanya pelan-pelan, Insya Allah faham. Oke!

Sederhana sebenarnya. Karena kesalahan konversi yang sering dilakukan adalah kamu hanya melakukan “satu langkah saja” yaitu melakukan konversi, dalam hal ini adalah Convert Font Arab kepada Curve (tekan CTRL + Q). Maka hasilnya Font akan menjadi Curve (vector), dan untuk beberapa kasus (font tertentu) ada garis putus-putus antara satu huruf dengan huruf lainnya. Tentu saja tidak hanya terjadi pada font Arab sebenarnya, font latin yang berjenis handwriting (latin sambung) pun sama. Solusi untuk masalah ini adalah kamu tinggal melakukan langkah kedua dan ketiga. Apa itu?

Setalah kamu melakukan konversi (CTRL + Q) langkah kedua adalah kamu harus melakukan pemisahan kurva (Break Curve Apart) dengan cara menekan tombol CTRL dan K secara bersamaan. Masih dalam keadaan objek terseleksi, langkah ketiga adalah menggabungkan kurva tersebut dengan cara menekan fungsi Weld yang ada pada toolbar. Dan, objek yang kita gabungkan dengan fungsi Weld ini sudah kembali menjadi satu curve. Ini berfungsi agar objek tidak berantakan, berubah posisi dan saat mewarnai objek (baik fill maupun outline) cukup melakukan satu langkah.

Sampai disini, kamu bisa melihat perbedaannya. Antara melakukan konversi satu langkah saja dengan melakukan konversi tiga langkah (Break Curve Apart dan Weld). Tulisan Arab kamu berhasil di konversi kedalam curve tanpa harus galau karena tulisan terpotong-potong. Biar kamu yakin bahwa kamu benar-benar faham, ayo nyalakan laptop kamu dan buka CorelDraw versi berapapun yang kamu suka. Praktekkan tutorial ini. Kalau masih bingung, baca lagi panduan ini sekali lagi. Selamat mencoba. (WARDAN/Deni Rusman)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Manasik Haji Nurul Ilmi Darunnajah 14

Serang- Haji merupakan salah satu rukun iman yang ke lima. Ibadah yang dilakukan oleh umat muslim apabila ia mampu. Mampu secara jasmana, rohani dan materi.