Menu

Bukti dari Sebuah Perjuangan

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

dn1

            Sejak tahun 1988 Darunnajah didirikan oleh KH. Abdul Manaf Mukhayyar. Beliau adalah orang yang tak pantang menyerah dalam menghadapi segala rintangan yang menghadangnya. Beliau berusaha dengan sungguh-sungguh dalam membangun Pondok Pesantren yang diberi nama Darunnajah yang berarti kampung sukses. Hingga akhirnya Pondok Pesantren ini dapat dibangun di daerah Jakarta selatan.

Pada awalnya Pondok Pesantren Darunnajah hanya memiliki 8 orang santri. Namun, KH. Abdul Manaf Mukhayar tak putus asa. Beliau selalu ikhtiyar dalam beribadah dan berdoa kepada Allah SWT. Dengan ketekunan dan kerja keras beliau akhirnya Pondok Pesantren Darunnajah memiliki santri yang sangat banyak bahkan tak dapat tertampung lagi di pondok tersebut. Kemudian, KH. Abdul Manaf Mukhayyar membangun beberapa cabang di Indonesia. Saat ini Pondok Pesantren Darunnajah telah memiliki 17 cabang, baik yang terdapat di luar pulau jawa maupun di luar pulau jawa seperti di Lampung, Bengkulu dan lain sebagainya.

Pada tahun 2005, sang pendiri pondok terinta ini dipanggil oleh Sang Pecipta. Kini orang yang sangat berjasa bagi banyak orang terutama santri Darunnajah telah tiada. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun… Semoga beliau ditempatkan ditempat terbaik disisi-Nya. Aaamiiinnn…

Jasad KH. Abdul Manaf Mukhayyar dishalatkan, yang diimami oleh putra keduanya dan kemudian diantar oleh seluruh santri ke tempat peristirahatan terakhirnya di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang merupakan salah satu cabang dari Pondok Pesantren Darunnajah.

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining di pimpin oleh menantu KH. Abdul Manaf Mukhayyar yaitu KH. Jamhari Abdul Jalal Syafi’i Lc. Awalnya jumlah santri sangatlah sedikit karena pondok pesantren ini kurang diminati banyak orang karena lokasinya yang terlatak ditengah-tengah pekebunan sawit. Tapi, seiring berjalannya waktu jumlah santri makin meningkat. Bahkan, yang tadinya hanya terdapat santri putra saja kini juga terdapat santri putrinya. Sampai pada zaman kepemimpinan Soeharto dimana krisis moneter dan korupsi besar-besaran terjadi. Yang akhirnya memberikan imbas terhadap pondok pesantren ini. Uang bayaran dinaikkan, tetapi dengan kenaikan uang bayaran tersebut lauk yang tersedia biasanya hanya itu-itu saja tiap hari kini berubah-ubah disetiap harinya.

Dengan predikat pondok terluas se-yayasan Darunnajah, Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining memiliki banyak rintangan dalam pembangunannya. Mulai dari kontra masyarakat sekitar dan juga masyarakat disini masih mempercarayai hal-hal ghaib. Namun, berkat kesungguhan dan iman yang kuat akhirnnya Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining dapat dibangun. Dan pondok ini telah banyak menghasilkan lulusan-lulusan yang bermutu. Mulai dari santri yang mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri, musisi ternama di Mesir, motifator ternama, dan lain sebagainya.

Alhamdulillah, berkat perjuangan seluruh warga Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining kini telah terbukti walaupun lokasi pondok ini terdapat ditengah-tengah perkebunan sawit tetapi bendera prestasinya terus berkibar. Hingga akhirnya pondok ini mendapatkan predikat sebagai salah satu Pondok Pesantren terbaik di Indonesia.

(Bapusta/Tiska Dianti/ Int B)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Pembacaan Tengko Disiplin Pesantren Nurul Ilmi

Serang 12 Desember 2019, Alhamdulillah Hari Minggu Tepatnya malam senin telah terlaksana pembacaan Tengko Santri lama dan Santri Baru. Pada kesempatan kali ini pembacaan Tengko