question markKH. Saifuddin Arief,. SH.,MH adalah figur pemimpin yang sangat peduli dengan para santri dilingkungan Pondok Pesantren Al Hasanah.
Khusunya pembentukan mental santri dan kepribadian para santri dilingkungan Pondok, karena tujuan utama santri dimasukan ke Lingkungan Pesantren adalah pembentukan akhlak siswa dan terbentuknya kepribadian yang mandiri dan mental yang kuat untuk kehidupan masa depan, khususnya untuk pribadi para santri itu sendiri untuk menyonsong masa depannya sendiri.
karena dimanapun kita bisa mencari ilmu, tetapi tidak mudah untuk membentuk kepribadian yang kuat dan tahan banting untuk menghadapi kehidupan yang makin keras untuk masa depan.
lingkungan Pesantren adalah tempat yang cocok untuk melatih kriteria Akhlak, Mental dan Kepribadian santri. karena dilingkungan Pondok diajarkan dan diawasi selama 24 Jam oleh Pengurus Kls 6 dan diawasi oleh para Asatidz yang juga mengabdikan dirinya 24 Jam dilingkungan Pesantren.

Maka dari itu KH. Saifuddin Arief.,SH.,MH setiap setelah subuh selama bulan Ramadhan memberikan ceramah dan setiap jum’at ba’da subuh dihari yang lain, beliau selalu memberikan dan mewajibkan kepada para santri untuk bertanya selesai memberikan ceramah.
bahkan beliau akan marah besar ketika santri tidak ada yang bertanya dan para santri tidak bisa menyimpulkan apa yang sudah beliau bicarakan.
cara mendidik beliau yang sangat unik bisa membentuk para santri siap mental, Beliau tidak akan menghentikan cerama kalau santri tidak bisa bertanya dan tidak bisa menyimpulkan apa yang beliau bicarakan. ceramah akan ttp berlanjut kalau para santri tidak ada yang bertanya dan tidak bisa menyimpulkan setiap ceramah yang beliau berikan.
ini adalah bentuk kepedulian beliau kepda para santri untuk membentuk mental dan minat siswa dalam terus ingin tau ttg Pendidikan dan ilmu.