Menu

Buah Simalakama Itu Bernama Hutang

Selamat Beraktifitas

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dalam salah-satu lagu dangdutnya Bang Haji Rhoma Irama pernah mengungkapkan istilah ‘gali lobang tutup lobang’ untuk menggambarkan situasi kondisi tidak stabilnya kehidupan seseorang karena hutang yang tidak pernah terbayar kecuali dengan harus berhutang lagi.

Kiai kami pernah mengajarkan bahwa hutang akan menjadikan orang gelisah tidak bisa tidur di waktu malam dan malu serta rendah diri pada siang hari yang mengakibatkannya menggurung diri dan enggan bersosialisasi. Dalam Bahasa Arabnya kurang lebih terungkap:

الدَّيْنُ هَمٌّ في اللَّيْلِ  و مَذَلَّةٌ في النَّهَارِ

Disisi lain, ada sebagian orang berpandangan bahwa dengan berhutang maka akan bersemangat dalam menjalani roda kehidupan karena merasa ada tantangan yang wajib segera ditunaikan.

Bahkan ada juga pepatah masyhur di sebagian masyarakat yang terdengar langsung ke telinga ini yakni Biar Tekor Asal Kesohor, maksudnya berani dibela-belain sampai hutang asalkan harga diri dan namanya ‘dihormati’ oleh orang lain.

Walhasil, mari kita kembali kepada ajaran Sang Idola Tercinta yakni Baginda Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan hidup ini harus dijalani dengan kesyukuran dan qona’ah terhadap karunia Allah SWT sehingga kita tidak hobi berhutang yang akan menjadikan under presser kecuali memang untuk kebutuhan sangat penting. Beliau mengajarkan do’a mulia antara lain:

اللهُمَّ اكْفِنَا بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ و أَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَنْ مَّنْ سِوَاكَ

Hobi berhutang yang berpotensi menjadikan diri dibawah kendali orang lain termasuk salah-satu dari delapan penyakit hati yang oleh Rasulullah dijelaskan dalam do’a masyhur:

…. وأعوذبك من غلبة الدين وقهر الرجال

Ada guyonan bahwa motor kalau dibeli secara tunai maka ketika mesinnya dinyalakan akan berbunyi ces…ces…cash…cash… tetapi kalau dibeli dengan hutang ketika dknyalakan akan bersuara…. dit…dit..dit…kredit…kredit…..hihihi

Terakhir, saya tidak ada maksud menyinggung siapapun dalam tulisan ini karena hanya tertarik mengomentari serta menelaah meme yang sedang viral ini.

Selamat Beraktifitas
Selamat Beraktifitas

Selamat beraktivitas, dan selamat berjuang serta semangat dalam menyebarkan kebajikan. (WARDAN/Mr. MIM & Mbafer)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III