Biografi Ibnu Taimiyah dikutip dari kitab al-A’lam al-‘Ulyah fi Manaqib Ibni Taimiyah yang ditulis oleh Umar bin Ali bin Musa bin Khalil al-Baghdadi al-Azji al-Bazzar Sirajuddin Abu Hafsh (wafat 749 H.) Penerbit al-Maktab al-Islami – Beirut. Cetakan Ketiga 1400
Masa Kecil Ibnu Taimiyah
Ibnu Taimiyah lahir di Haran pada tanggal 10 Rabiul Awwal 661 H. Beliau tinggal di sana hingga berusia tujuh tahun. Kemudian ayahnya membawanya ke Damaskus. Beliau tumbuh dengan baik di sana. Tanda-tanda kepandaian telah tampak pada dirinya sejak masa kecilnya.
Pada masa kecilnya ketika Ibnu Taimiyah hendak pergi ke tempat belajarnya, seorang Yahudi yang rumahnya dilaluinya menghadangnya dengan beberapa pertanyaan. Karena tampak adanya kecerdasan pada diri Ibnu Taimiyah dan dia menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cepat, orang Yahudi itu pun kagum padanya. Tiap kali Ibnu Taimiyah melewatinya, dia memberitahu hal-hal yang menunjukkan kesesatan keyakinan orang Yahudi tersebut. Tidak lama kemudian orang Yahudi itupun masuk Islam.
Sejak kecil Ibnu Taimiyah menghabiskan waktunya dengan kesungguhan, mengkhatamkan al-Quran, menghafal hadits, fiqih, dan bahasa Arab hingga menguasai semua bidang itu. Beliau juga rajin mengikuti majlis-majlis dzikir serta mendengarkan hadits dan atsar. Beliau tidak hanya menyimak satu kitab dari seorang guru yang mempunyai riwayat yang shahih. Kitab-kitab induk Islam seperti Musnad Imam Ahmad, Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Jami’ at-Tirmidzi, Sunan Abu Daud, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, dan Sunan ad-Daruquthni, beliau menyimaknya beberapa kali.
Kitab hadits pertama yang beliau hafal adalah kitab al-Jam’u baina ash-Shahihain oleh Imam al-Humaidi. Berbagai jenis kitab keilmuan telah beliau telaah. Allah Swt. menganugerahinya kecepatan hafalan.
Keluasan Ilmunya
Di antara keluasan ilmu beliau adalah pengetahuan beliau tentang ilmu-ilmu al-Quran, pengambilan hukum beliau dari detail-detail al-Quran, dan kutipan-kutipan beliau terhadap pendapat-pendapat para ulama dalam menafsirkannya dengan dalil-dalilnya, serta keajaiban-keajaiban dan hikmah-hikmah yang disembunyikan oleh Allah Swt. di dalamnya.
Ketika di dalam majlis beliau dibacakan beberapa ayat al-Quran beliau bergegas menafsirkannya hingga majlis tersebut usai padahal beliau baru menafsirkan sebagian ayatnya. Sedangkan majlis beliau berkisar selama seperempat hari. Beliau melakukannya secara spontanitas tanpa ada yang membantu membacakan tulisan tertentu yang telah dipersiapkannya. Orang yang hadir membaca beberapa ayat kemudian beliau mulai menafsirkannya. Biasanya beliau tidak akan berhenti kecuali orang-orang yang mendengarkannya telah paham. Andaikata bukan karena waktu berlalu seperti biasa, beliau akan menerangkan hal-hal lain yang termasuk dalam tafsir ayat tersebut. Namun beliau melihat kemaslahatan orang-orang yang hadir. Beliau mendikte satu jilid besar hanya untuk menafsirkan “Qul huwallahu ahad.” (QS 112:1). Dan menafsirkan firman Allah, “ar-Rahman ‘ala al-‘Arsy istawa,” sekitar 35 jilid. Beliau juga menafsiri al-Quran yang andaikata beliau selesaikan, kitab tafsir tersebut mencapai 50 jilid.
Beliau adalah orang yang menguasai Sunah Rasulullah Saw., kejadian-kejadiannya, peperangan-peperangannya, karamah-karamahnya, mukjizat-mukjizatnya, serta mengetahui hadits yang shahih dan yang dha’if, kemudian yang dinukil dari para sahabat yang meliputi perkataan-perkataan mereka, tindakan-tindakan mereka, kasus-kasus mereka, fatwa-fatwa mereka, kesungguhan-kesungguhan mereka dalam memperjuangkan agama Allah, serta kekhususan mereka di antara umat Islam.
Jarang beliau menyebut sebuah hadits dalam suatu karya atau fatwa atau pengambilan dalil, kecuali beliau pasti menyandarkannya kepada referensi-referensi keislaman dan menyebutkan dari jenis yang mana; shahih, hasan, atau yang lain. Beliau juga menyebutkan nama riwayat dari sahabat. Minim sekali beliau ditanya tentang suatu khabar, kecuali beliau akan menerangkannya seketika tentang kondisinya dan siapa yang menuturkan.
Yang mengagumkan pada saat beliau mendapatkan ujian yang pertama di Mesir ketika beliau dipenjara dan terhalang dari kitab-kitabnya, beliau menulis beberapa kitab baik besar maupun kecil. Di dalamnya beliau menyebutkan hal-hal yang diperlukan meliputi hadits, atsar, pendapat-pendapat ulama, nama-nama perawi hadits, para penulis kitab serta karya mereka. Beliau menyandarkan semua itu kepada orang yang meriwayatkannya dengan nama mereka beserta judul kitab mereka dan di tempat mana hal itu disebutkan. Semua itu dilakukan secara sepontanitas dari ingatan beliau karena pada saat itu beliau tidak memiliki kitab-kitab yang bisa ditelaah. Dan alhamdulillah di dalamnya tidak terdapat cacat ataupun perubahan. Di antaranya adalah kitab Ash-Shorim al-Maslul ‘Ala Syatim ar-Rasul.
Allah Swt. juga menganugerahinya pengetahuan tentang perbedaan pendapat para ulama serta periwayatan yang kuat dan lemah dari mereka, yang diterima atau ditolak di semua tempat dan waktu. Pandangannya yang benar dan mengena terhadap pendapat mereka membuatnya bisa menunjukkan tempat-tempat dimana para ulama tersebut menulisnya hingga saat beliau ditanya tentang sesuatu, seakan-akan semua yang diriwayatkan dari Rasul Saw., para sahabat, dan para ulama tergambar dengan jelas. Ini sudah menjadi konsensus bagi setiap orang yang melihat beliau dan meneliti ilmu beliau yang akalnya tidak tertutup oleh kebodohan dan hawa nafsu.
Karya beliau sangat banyak dan tersebar di beberapa negara. Di antaranya ada yang mencapai 12 jilid seperti kitab Talkhis at-Talbis ‘ala Asasi at-Taqdis, dan lainnya. Ada yang mencapai 7 jilid seperti kitab Al-Jam’u Baina al-‘Aql wa an-Naql. Ada yang mencapai 5 jilid seperti kitab Minhaj al-Istiqamah wa al-I’tidal dan lainnya. Ada yang setebal 3 jilid seperti kitab Ar-Radd ‘ala an-Nashara dan semisalnya. Ada yang dua jilid seperti kitab Nikahu al-Muhallil wa Ibthalu al-Hiyal dan kitab Syarh al-‘Aqidah al-Ashbahaniyah. Ada juga yang hanya satu jilid atau lebih kecil dari itu. Dua jenis karya beliau ini sangat banyak sekali. Saya tidak mampu menghitungnya. Namun akan saya sebutkan sebagian sebagai contoh, yaitu: Tafsir Surat al-Ikhlas satu jilid, Al-Kalam ‘ala Qaulihi Azza wa Jalla “ar-Rahman ‘ala al-‘Arsy Istawa”, Ash-Sharim al-Maslul ‘ala Syatim ar-Rasul satu jilid, Al-Furqan al-Mubin Baina ath-Thalaq wa al-Yamin, Al-Farq Baina Auliya’ ar-Rahman wa Auliya’ asy-Syaithan, Iqtidha’ ash-Shirath al-Mustaqim Mukhalafah Ashhabi al-Jahim, Al-Kalim ath-Thayyib, Itsbatu al-Kamal, Ar-Radd ‘ala Ta’sis at-Taqdis, Al-Jam’u Baina al-‘Aql wa an-Naql, Naqdh Aqwal al-Mubtadi’in, Ar-Radd ‘ala an-Nashara, Minhaj al-Istiqamah, Ibthal al-Hiyal wa Nikah al-Muhallil, Syarh al-Aqidah al-Ashbahaniyah, Al-Fatawi, Ad-Durr al-Multaqith, Ahkamu ath-Thalaq, Ar-Risalah, I’tiqad al-Firqah an-Najiyah, Raf’u al-Malam ‘an al-A’immah al-A’lam, Taqrir Masail at-Tauhid, Al-Istighatsah wa at-Tawassul, al-Masail al-Hamawiyah, al-Masail al-Jazariyah, dan Al-Masail al-Mufradah. Tulisan singkat ini tidak layak menyebutkan lebih banyak lagi. Jika tidak, bisa disebutkan sekitar dua ratus karya. Tapi menurut hemat kami tidak perlu disebutkan.
Sedangkan fatwa-fatwa dan jawaban-jawaban beliau terhadap beberapa persoalan jumlahnya tak terhitung. Namun di Mesir ada yang dibukukan dalam beberapa bab Fikih menjadi 17 jilid. Penulisnya menghimpun lebih dari empat puluh ribu persoalan. Jarang sekali terjadi peristiwa dan beliau ditanya tentangnya kecuali beliau akan menjawab secara sepontanitas. Jawaban tersebut menjadi sebuah karya yang bagi orang lain membutuhkan waktu yang lama dan telaah banyak buku untuk mengarangnya.
Syaikh Shalih Tajuddin Muhammad yang dikenal dengan Ibnu Ad-Dauri menghadiri majlis Ibnu Taimiyah. Seorang Yahudi bertanya kepada beliau suatu masalah tentang takdir yang dirangkai dalam nadzam sebanyak 8 bait. Ketika beliau sudah membacanya, beliau berpikir sejenak kemudian mulai menulis jawabannya. Kami mengira beliau menulis jawaban dalam bentuk prosa. Ketika beliau sudah selesai menulis, murid-muridnya merenungkannya. Ternyata jawabannya berbentuk nadzam yang serupa dengan bahar bait-bait pertanyaan beserta qafiyah-nya sepanjang hampir 184 bait. Di dalamnya beliau memaparkan ilmu-ilmu yang andaikata diberi syarah, maka akan menjadi dua jilid besar.
Beliau tidak mempersiapkan sesuatu untuk disampaikan. Tapi usai shalat dua rakaat beliau mengucap hamdalah seraya memuji Allah Swt., mengucapkan shalawat atas Nabi Saw., kemudian beliau mulai menjelaskan pelajaran. Beliau menyampaikan aneka ilmu, nukilan-nukilan, mengambil dalil dari ayat-ayat al-Quran, hadits, pendapat-pendapat para ulama, menguatkan sebagian pendapat, menerangkan keshahihannya dan menerangkan alasannya, memberi bukti dengan syair-syair Arab dan terkadang menyebut penyairnya.
Beliau tidak pernah menyebutkan “Rasulullah”, kecuali beliau mengucapkan shalawat kepadanya. Jika diriwayatkan suatu hadits yang tidak dinasakh, beliau akan mengamalkannya dan memberikan fatwa sesuai dengan hadits tersebut, dan tidak berpaling kepada pendapat seorang pun. Menurut beliau setiap perkataan itu memerlukan dalil, dan tidak dijadikan sebagai dalil. Kecuali firman Allah Swt. dan sabda Rasulullah Saw.
Saat beliau usai menyampaikan pelajarannya, beliau membuka kedua matanya dan menghadap orang-orang dengan wajah berseri-seri. Beliau meminta maaf kepada mereka atas kealpaan dalam berbicara. Berbagai kalangan mendatangi majlis beliau. Jumlah mereka banyak dan terdiri dari ulama, pemimpin, qari’, ahli hadits, ahli fikih, sastrawan, dan orang-orang awam.
Ibadah Ibnu Taimiyah
Beliau menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beribadah. Waktu malam beliau gunakan untuk bermunajat kepada Allah Swt. dengan rutin membaca al-Quran. Beliau mengulang-ulangi aneka ragam ibadah siang maupun malam.
Ketika malam telah sirna dan beliau bersama orang-orang, beliau memulai dengan shalat sunah Subuh. Saat beliau memanjatkan takbiratul ihram hati bergetar karena takbir beliau. Ketika sudah masuk ke dalam shalat, anggota tubuh beliau bergetar hingga condong ke kiri dan ke kanan. Beliau memperpanjang bacaannya seperti yang diriwayatkan tentang bacaan Rasulullah Saw. Ruku’, sujud, dan bangun beliau dari sujud adalah bentuk shalat fardhu yang paling sempurna. Beliau duduk tasyahud awal hanya sebentar. Beliau mengeraskan salam yang pertama hingga semua orang yang menjadi makmum mendengarnya. Saat shalat usai, beliau memuji Allah Swt. bersama-sama para makmum dengan bacaan,
اللهم أنت السلام ومنك السلام تباركت يا ذا الجلال والإكرام
Artinya, “Ya Allah, Engkaulah keselamatan, dari-Mulah keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan.”
Kemudian beliau menghadap jama’ah dan membaca wirid yang diriwayatkan dari Nabi Saw., mengucapkan tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33 kali, dan menyempurnakannya menjadi 100 dengan tahlil. Begitu pula para jama’ah. Lalu beliau mendoakan dirinya, para makmum, dan kaum Muslimin. Biasanya beliau mengucapkan doa,
اللَّهُمَّ انصرنا وَلَا تنصر علينا وامكر لنا وَلَا تَمْكُر علينا واهدنا وَيسر الْهدى لنا اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا لَك شاكرين لَك ذاكرين لَك اواهين لَك مخبتين اليك راغبين اليك راهبين لَك مطاويع رَبنَا تقبل توباتنا واغسل حوباتنا وَثَبت حجَجنَا واهد قُلُوبنَا اسلل سخيمة صدورنا
Artinya, “Ya Allah, tolonglah kami dan janganlah Engkau menolong dengan mengalahkan kami, tipudayalah untuk kami dan janganlah Engkau membuat tipudaya terhadap kami, tunjukilah kami, dan mudahkanlah petunjuk bagi kami. Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang selalu bersyukur kepada-Mu, berzikir kepada-Mu, berdoa kepada-Mu, bermunajat kepada-Mu, berharap kepada-Mu, takut kepada-Mu, dan beribadah kepada-Mu. Ya Tuhan kami, terimalah taubat kami, bersihkanlah dosa-dosa kami, tetapkanlah hujah-hujah kami, tunjukilah hati kami, dan bimbinglah hati kami.”
Beliau mengawali dan mengakhiri doanya dengan membaca shalawat atas Nabi Saw. Kebiasaan beliau adalah tak seorang pun berbicara padanya selepas shalat Subuh kecuali mendesak. Beliau melanjutkan berdzikir yang hanya didengar oleh dirinya atau orang-orang yang berada di sisinya. Sekali-kali beliau menengadahkan pandangannya ke langit. Begitulah yang biasa beliau lakukan hingga matahari naik dan waktu larangan shalat berakhir.
Beliau menghabiskan waktu dari fajar hingga matahari meninggi dengan mengulang-ulangi membaca surat al-Fatihah. Saya berpikir kenapa beliau rutin membaca surat ini dan bukan surat yang lain. Akhirnya saya tahu wallahu a’lam bahwa beliau bermaksud menggabungkan antara riwayat hadits dan pendapat para ulama tentang apakah lebih disunahkan dzikir yang diriwayatkan dari Nabi Saw. daripada membaca al-Quran atau sebaliknya? Beliau berpendapat bahwa dengan mengulang-ulangi bacaan al-Fatihah beliau menggabungkan dua pendapat ini dan mendapatkan dua keutamaan. Ini karena kecerdasannya.
Saat beliau sedang shalat dan ingin mendengar hadits di tempat lain, beliau bergegas ke sana bersama orang yang menemani beliau. Orang yang berpapasan dengan beliau langsung mencium kedua tangannya. Para pemilik toko meninggalkan toko-toko mereka untuk memberi salam dan mencari berkah dari beliau. Walau demikian beliau tetap menjawab salam mereka semua. Jika beliau melihat suatu kemungkaran di hadapannya, beliau langsung menghilangkannya. Apabila beliau mendengar ada orang meninggal, beliau bergegas menshalatinya. Dan jika terlewat, beliau akan sangat menyesal dan mungkin pergi ke kuburnya seusai beliau mendengarkan hadits untuk menshalatinya. Kemudian beliau kembali ke masjidnya. Terkadang beliau memberi fatwa kepada orang-orang, dan terkadang memenuhi kebutuhan mereka hingga beliau melaksanakan shalat zhuhur berjamaah. Begitulah hari-hari beliau.
Pengajian beliau adalah umum untuk dewasa ataupun anak-anak, pembesar ataupun rakyat jelata, merdeka ataupun budak, pria maupun wanita. Beliau melapangkan bagi siapa saja yang menginginkannya.
Usai shalat Maghrib dan shalat sunah muridnya membacakan tulisan-tulisan beliau atau tulisan lainnya kepada beliau. Beliau lalu menambahinya dengan nutrisi-nutrisi ringan hingga tiba waktu shalat Isya’. Setelah itu pun pelajaran beliau masih berlanjut hingga larut malam. Walaupun demikian beliau senantiasa berdzikir kepada Allah Swt.; mengesakan-Nya dan memohon ampunan kepada-Nya. Beliau sering menatap langit tanpa bosan seakan-akan ada sesuatu yang hendak beliau pastikan dengan tatapannya.
Kerendahan hati Ibnu Taimiyah
Walaupun Ibnu Taimiyah sangat meninggalkan dunia dan mengambil sedikit saja darinya, beliau lebih mementingkan orang lain baik sedikit maupun banyak. Beliau tidak pernah meremehkan yang sedikit hingga tidak mau bersedekah, juga tidak meremehkan banyak hingga tidak mau menolong.
Ketika beliau tidak mendapati sesuatu yang bisa digunakan untuk sedekah, beliau memotong sebagian pakaian yang dibutuhkannya dan diberikan kepada orang yang membutuhkan. Dari makanan beliau yang sedikit beliau menyisakan satu atau dua potong roti yang diletakkan di saku bajunya. Kemudian beliau menyampaikan hadits kepada kami. Saat ada orang fakir datang kepada beliau, beliau memberikan makanannya lebih banyak daripada yang beliau makan sendiri.
Syaikh Shalih al-Arif Zainuddin Ali al-Washithi tinggal bersama Ibnu Taimiyah dalam jangka waktu yang lama. Dia berkata, “Makanan kami, saat pagi beliau datang membawa potongan roti seukuran setengah kati Irak. Lalu beliau memotongnya dan kami makan bersama-sama. Beliau telah selesai sebelum aku. Namun beliau tidak mengangkat sisa potongan dari hadapanku hingga aku kenyang. Dan aku tidak butuh makan lagi hingga malam. Menurutku itu karena keberkahan Ibnu Taimiyah. Begitulah hingga waktu Isya yang akhir dan beliau selesai melaksanakan rutinitasnya yang berguna bagi manusia. Beliau membawakan kami makan malam. Beliau pun makan bersamaku beberapa suapan dan akhirnya memintaku menghabiskan sisanya. Aku minta padanya agar menambah makananya. Namun beliau tidak mau hingga aku merasa tidak enak karena makannya yang sedikit. Inilah yang biasa kami lakukan selama aku tinggal bersama beliau.”
Banyak orang menceritakan kepopuleran beliau dalam mengutamakan orang lain melebihi dirinya sendiri. Beliau juga terkenal suka mencari orang-orang yang membutuhkan, orang asing, para fakih dan qari’ yang fakir untuk dibantu.
Beliau rendah diri kepada orang tua, anak muda, pembesar, rakyat jelata, orang kaya, maupun orang miskin. Beliau mendekat kepada orang fakir dan memuliakannya dengan ucapannya yang manis melebihi orang kaya. Bahkan mungkin beliau akan melayaninya sendiri dan membantunya membawakan kebutuhannya untuk memaksa hatinya dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Beliau tidak pernah merasa bosan terhadap orang yang meminta fatwa atau bertanya kepadanya. Bahkan beliau menghadapinya dengan roman muka berseri-seri dan lemah lembut. Beliau akan berdiri bersamanya hingga beliau meninggalkannya baik orang tua, anak muda, pria, wanita, orang merdeka, hamba sahaya, orang yang pandai, orang awam, orang asing, maupun orang setempat. Beliau tidak akan melontarkan perkataan yang membuat orang merasa takut atau tidak enak. Beliau akan menjawabnya, memberinya pemahaman, dan memberitahunya mana yang salah dan mana yang benar denga lembut. Beliau selalu rendah diri saat datang maupun pergi, saat berdiri maupun ketika duduk, ketika berjalan maupun pada pertemuan orang lain.
Di antara karamah dan firasat Ibnu Taimiyah
Syaikh Shalih al-Muqri Ahmad bin al-Huraimi bercerita bahwa beliau melakukan perjalanan ke Damaskus. Dia berkata, “Saat saya tiba di sana saya tidak mempunyai nafkah sama sekali. Saya pun tidak mengenal seorang pun di antara penduduknya. Aku berjalan di lorong-lorong dalam keadaan bingung. Tiba-tiba ada orang tergesa-gesa menemuiku. Dia mengucapkan salam dan memberikanku kantong berisi beberapa dirham seraya berkata kepadaku, ‘Belanjakanlah ini dan hilangkanlah kebingunganmu, karena Allah tidak akan menyia-nyiakanmu.’ Beliau pun kembali ke jalannya seakan-akan beliau tidak datang kecuali hanya untukku. Aku pun mendoakannya dan aku gembira karenanya.”
Syaikh al-Alim al-Muqri’ Taqiyuddin Abdullah bin Syaikh Shalih al-Muqri’ Ahmad bin Sa’id berkata, “Saat syaikh tinggal di Mesir saya bepergian ke sana. Saya tiba pada malam hari dalam keadaan sakit. Saya pun singgah di suatu tempat. Tak lama kemudian saya mendengar seseorang memanggil nama dan julukanku. Aku pun memenuhi panggilan tersebut sementara saya dalam keadaan lemah. Kemudian masuklah sekelompok murid syaikh Ibnu Taimiyah yang di antara mereka ada juga orang yang pernah berkumpul denganku semasa di Damaskus. Aku pun bertanya, ‘Bagaimana kalian bisa tahu kedatanganku padahal saya datang pada saat seperti ini?’ Mereka menjawab, ‘Syaikh memberitahu kami bahwa engkau telah datang dan dalam kondisi sakit. Beliau memerintahkan agar kami bergegas memindahmu. Kami tidak melihat seorang pun yang datang atau mengabarkan sesuatu.’ Tahulah saya bahwa itu adalah karamah syaikh Ibnu Taimiyah ra.”
Beliau juga bercerita kepada saya, “Ketika saya berada di Damaskus saya tertimpa penyakit keras hingga saya tidak bisa duduk. Syaikh duduk di kepala saya saat saya merasa demam yang sangat. Beliau pun mendoakan saya seraya berkata, ‘Kesembuhan telah tiba.’ Ketika beliau meninggalkanku, saya pun sembuh saat itu juga.”
Syaikh Ibnu Imaduddin al-Muqri’ berkata, “Saya mendatangi syaikh dan pada saat itu saya mempunyai harta. Saya mengucapkan salam kepada beliau. Beliau pun menjawabnya. Beliau menyambut saya dan mendekatkan saya tanpa bertanya apakah saya punya harta atau tidak. Beberapa hari kemudian harta saya habis dan saya hendak keluar dari majlis beliau setelah shalat berjamaah bersama beliau. Beliau pun melarangku dan mendudukkanku di dekatnya. Setelah majlis usai beliau memberi saya sejumlah dirham seraya berkata, ‘Engkau sekarang tidak punya harta, maka ambillah ini.’ Saya heran dengan hal itu. Saya tahu bahwa Allah Swt. telah membuka mata hati beliau untuk melihat kondisi saya; yang pertama ketika saya mempunyai harta, dan yang kedua saat harta saya habis dan saya membutuhkan harta.”
Seseorang yang saya percaya bercerita, “Ketika Mongol menduduki Syam, penduduk Damaskus dan sekitarnya dicekam ketakutan. Sekelompok orang pun mendatangi syaikh Ibnu Taimiyah dan memohon doa kepada beliau. Beliau pun bermunajat kepada Allah kemudian beliau berkata, ‘Bergembiralah, karena Allah akan memberikan kemenangan 3 hari lagi hingga engkau akan melihat orang-orang berdesak-desakan.” Dia melanjutkan, “Demi Dzat Yang diriku berada di tangan-Nya, 3 hari kemudian seperti yang beliau katakan kami melihat mereka berdesak-desakan di Damaskus.”
Syaikh Utsman bin Ahmad bin Isa an-Nassaj bercerita, “Tiap minggu syaikh Ibnu Taimiyah menjenguk orang sakit di Mibaristan Damaskus. Sampailah ia pada seorang pemuda. Beliau mendoakannya. Dia pun sembuh dengan cepat. Dia lalu mendatangi syaikh Ibnu Taimiyah untuk mengucapkan salam pada beliau. Ketika beliau melihatnya, beliau mendekatkan kepadanya dan memberinya uang seraya berkata, ‘Allah telah menyembuhkanmu, maka berjanjilah kepada Allah bahwa engkau akan segera pulang ke negerimu. Apakah kamu boleh meninggalkan istrimu dan empat orang putrimu terlantar, sementara engkau berdiam di sini?’ Dia pun mencium tangan beliau dan berkata, ‘Wahai tuanku, aku bertaubat kepada Allah di hadapanmu.’ Pemuda itu berkata, ‘Aku heran dengan penerawangan beliau terhadapku. Aku meninggalkan mereka tanpa nafkah. Dan tak seorang pun penduduk Damaskus mengetahui keadaanku.’”
Kesabarannya
Beliau tidak pernah gentar terhadap orang yang mengemukakan argumen menentang prinsipnya ini. Bahkan, apabila kebenaran telah tampak jelas di hadapan mata beliau, beliau akan memegang erat dan tidak berpaling kepada alasan-alasan orang yang berseberangan dengan beliau.