Mengenal Sejarah Pramuka Darunnajah Bersama Pembina Kepramukaan Darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Dalam buku Mengenal Gerakan Pramuka (2012) karya Ida Farida, Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya.

Pada tanggal 19 September siang Bagian Koordinator Pramuka mengadakan Webinar dengan tema “Sejarah Pramuka Darunnajah” Webinar ini dihadiri oleh eluruh santriwati sebanyak  445 mulai dari kelas 1 hingga 6 TMI Darunnajah. Kali ini Koordinator Pramuka mendatangkan narasumber yang berasal dari guru Darunnajah yaitu  Usth. Mesaroh S.Ag.

Selama di Darunnajah, Ustadzah Maesaroh telah memiliki segudang prestasi dan pengalaman di bidang kepramukaan dan dalam Webinar kali ini Usth.Maesaroh menceritakan beberapa pengalaman beliau tentang awal mula sejarah pramuka Darunnajah selama masih menjadi santri hingga menjadi guru di Pondok Pesantren Darunnajah. diantaranya adalah:
1. Ka Bindep thn 1087-1988
2. Ka Mabigus thn 1989-1992
3. Mabikori tahun 1992-1996
4. Panitia JAMNAS thn 1991
5. Panitia JAMNAS 1996
6. Panitia Raimuna Nasional 1997
7. Wakil ketua Pinsus cadika
8. Panitia perkemahan ramadhan cibubur

Tidak hanya itu, Usth Maesaroh juga menjelaskan beberapa kelebihan dalam kepramukaan dan beberapa manfaat dalam memiliki ilmu untuk di alam, dan tidak lupa tips-tips untuk menyukai pramuka dalam masa sekarang ini.

Foto Usth Maesaroh (ke-3 dari kiri) bersama teman

Usth Maesaroh juga menceritakan bahwa Ekskul Pramuka Darunnajah juga mendapat kepercayaan untuk mewakili beberapa perlombaan dan jambore kepramukaan. Beliau juga pernah menjadi salah satu guru yang mengikuti perbincangan dalam membentuk Perkemahan Pramuka Santrti Nusantara (PPSN) bersama Ust. Mardhani.

Dengan adanya Webinar ini, bagian Koordinator Pramuka berharap agar dapat memotivasi seluruh santri Darunnajah untuk mengembangkan skill dalam kepramukaan serta dapat menumbuhkan rasa cinta dalam membela agama, negara dan tentunya Pondok Pesantren Darunnajah tercinta.

(dn.com/Pers&Jurnalistik)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Kegiatan Fathu Kutub Santri Akhir Putri

Cidokom Post – Sejak Sabtu (24/10) Pondok Pesantren Anur Darunnajah 8 mengadakan kegiatan tahunan Fathu Kutub untuk santri akhir TMI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula