BELAJAR BERSAMA SYEIKH SYA’BAN (AL-AZHAR, KAIRO)

            logo dn BARUSiapa pun memiliki keinginan untuk belajar di Perguruan Tinggi Al-Azhar, Kairo, Mesir, terutama para pelajar pesantren modern. Dan pelajar Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 tak perlu jauh-jauh mendatangi Perguruan Tinggi Kairo, karena pada hari Rabu (18/09/13), Nurul Ilmi dikunjungi oleh Dosen Al-Azhar, Syeikh Sya’ban Abdul Hamid. Kunjungan ini berpusat di Masjid Birrul Walidain (Masjid Jami’ Nurul Ilmi).

            Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan tata bahasa para santri. “Karena Bahasa Arab adalah Bahasa para Nabi, Bahasa Al-Qur’an, dan Bahasa Al-Jannah (Surga)”, tutur Syeikh Sya’ban.

            Beliau pun menambahkan “Jika cinta Allah s.w.t, maka cintailah Al-Qur’an. Jika cinta Rasulullah, maka hafal-lah Al-Qur’an. Dan salah satu cara untuk mahir dan fasih berbahasa Arab adalah dengan membiasakan diri bercakap dengan teman dan ustadz/ah menggunakan Bahasa Arab.

            Untuk meningkatkan Bahasa Arab, para santri tidak hanya menyimak penjelasan dari Syeikh, tapi juga bertanya dan bercakap dengan Syeikh menggunakan Bahasa Arab. Dalam meningkatkan Bahasa para santri Nurul Ilmi Syeikh tidak hanya menjelaskan cara cepat menguasai Bahasa Arab, tapi juga mengajar langsung di kelas VI yang merupakan kelas akhir TMI.

            “Ya Allah, seneng banget bisa belajar Bahasa Arab langsung dari Syeikh Al-Azhar tanpa perlu datang ke Al-Azhar”, ujar santri kelas VI TMI.