Beasiswa Sekolah untuk Seluruh Umat Islam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Masjid (7)Ketika setiap manusia dilahirkan sebagai sebaik-baik penciptaan, Allahpun tak pernah menciptakan manusia dengan sia-sia karna setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, maka sejak itulah manusia memiliki tanggung jawab yang harus di sadari, bagaimana agar dapat memanfaatkan kesempatan hidup dengan baik. Efisien dalam waktu dan efektif dalam setiap pekerjaan guna berhasil mecapai proses hidup yang maksimal.

ketika manusia telah dihadapkan pada banyaknya kendala hidup, barulah manusia sadar bahwa Ilmu dan wawasan sangat penting untuk dimiliki, yang terpenting adalah kekayaan akan berbagai pengetahuan yang dapat menunjang kehidupan khususnya di era globalisasi seperti ini, karena Ilmu merupakan kunci utama untuk meraih kesuksesan.

Mengingat pentingnya ilmu pasti tak jauh dengan lembaga pendidikan baik formal maupun informal. Secara garis besar alhamdulillah sejauh ini Pesantren Darunnajah Cipining terus melengakapi berbagai macam fasilitas baik sarana dan prasarana yang mampu memberikan Ilmu bagi setiap santrinya dalam meraih kesuksesan.

Tidak terdukungnya dalam segi finansial memang kadang menjadi sebuah hambatan untuk mengukir segala bentuk harapan. Namun, di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining sendiri alhamdulillah telah membuka seluas-luasnya program beasiswa yang Insyaallah akan meminimalisir tingkat buta huruf di Negara Indonesia. Selain memupuk rasa optimisme kepada seluruh santri, pesantren pun selalu berusaha memberikan penghargaan kepada santri yang berprestasi.  Dan menghilangkan rasa pesimis dalam kehidupan karna telah dibekali berbagai macam wawasan dan pelajaran.

Adapun beberapa sistem beasiswa itu sendiri memiliki keanekaragaman diantaranya:  ada yang mengikuti program beasiswa melalui sistem hafalan tahfidz Al-Qur’an yang mana santri ditargetkan untuk dapat menghafal dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Kelas VII        = 5 Juz
  2. Kelas VIII       = 6 Juz
  3. Kelas IX          = 5 Juz
  4. Kelas X           = 7 Juz
  5. Kelas XI          = 7 Juz

Maka dari itu santri di tuntut untuk dapat menyelesaikan hafalannya di bangku kelas XI MA, Santri yang memiliki tanggung jawab yang tinggi ini dapat diartikan menjadikan santri  excellent karna selain fokus dalam pelajaran juga dituntut untuk tetap dapat konsisten dan focus mengejar hafalan Al-Qur’an yang telah ditargetkan. Serta di didik untuk dapat berperan aktif dalam mengembangkangkan potensi yang dimiliki dalam berbagai macam extrakulikuler.

adapula jalur beasiswa lain  yaitu program yang bernamakan Santri Asuh atau yang akrab disebut Ashabunnajah. Dalam program ini santripun di tuntut untuk dapat sekolah, menyeimbangkan hafalan Al-Qur’an dan tugasnya dalam melaksanakan tugas yang di berikan pesantren, maka dari itu santri yang memiliki peran yang aktif ini dapat diartikan sebagai Santri Super Excelent.

Memasuki tahun ajaran 2012-2013 ini jumlah santri asuh sebanyak 42 orang santriwan dan 36 santriwati, dan untuk program beasiswa hafalan Al-Qur’an sebanyak 39 santri diantaranya 16 santriwan dan 23 santriwati.

Secara realita untuk beberapa santri beasiswa ini memang memiliki ketergantungan yang cukup tinggi terhadap waktu, karna mengingat penuhnya jadwal kegiatan yang harus mereka imbangi dengan hafalan Al-Qur’an.

Selain itu penanggung jawab dari program ini adalah Biro Pengkaderan, dibantu langsung oleh beberapa guru tahfidz Pa & Pi yang bertugas menangani program tersebut.

“Dengan semakin banyaknya generasi-generasi penghafal Al-Qur’an yang hadir di pesantren ini, insyaallah akan memberikan banyak manfaat dan berkah untuk keluarga besar darunnajah umumnya dan kepada seluruh santri khususnya” ujar Ust. Isa Abdillah S.E.

Harapannya, dengan diadakannya program beasiswa ini mampu memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak Indonesia yang ingin maju untuk melanjutkan pendidikan formalnya/sekolah ke tingkat MTs, SMP, MA, dan SMK sebagaimana diwajibkan oleh pemerintah yaitu sekolah wajib 9 tahun. Yang didukung oleh pembekalan secara religius diantaranya dengan mewajibkan para santri beasiswa untuk berani menghafal Al-Qur’an sebanyak 30 juz selama 5 tahun.

(WARDAN/Annisa)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
TK Darunnajah Jakarta

Pentingnya Ilmu

Ilmu adalah cahaya yang menyinari disaat gelap menerpa. begitu pentingnya ilmu sampai ungkapan sahabat yang mengatakan ” JIka kamu menginginkan kebahagian dunia tuntulah ilmu, jika