Asal Muasal Adanya Pesantren di Bumi Pertiwi Asal Muasal Adanya Pesantren
Menu

Asal Muasal Adanya Pesantren di Bumi Pertiwi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pesantren pada saat ini cukup banyak diminati lho, seiring berkembangnya zaman, salah satu bentuk lembaga ini  juga banyak menghadirkan inovasi-inovasi baru sesuai kebutuhan peserta didik zaman milenial ini. Nah, sebelumnya kalian udah tau belum bagaimana sejarah berdirinya pesantren di Indonesia. Berikut ulasannya.

 

blank

Asal Kata Pesantren

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mana Kyai sebagai Central figure masjid sebagai sentra kegiatan dan Santri sebagai subjek dan objek pendidikannya Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan satu pengertian.

 

Pondok menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri, sedangkan bisa juga diartikan rumah atau tempat tinggal sederhana terbuat dari bambu. Di samping itu, kata pondok mungkin berasal dari Bahasa Arab Funduq yang berarti asrama atau hotel.

 

Sejarah Keberadaannya

Ada dua versi pendapat mengenai asal usul dan latar belakang berdirinya di Indonesia, yaitu:

 

Pendapat yang pertama

Pendapat yang menyebutkan bahwa pesantren berakar pada tradisi Islam sendiri, yaitu tarekat.Dan mempunyai kaitan yang erat dengan tempat pendidikan yang khas bagi kaum sufi. Pendapat ini berdasarkan fakta bahwa penyiaran Islam di Indonesia pada awalnya lebih banyak dikenal dalam bentuk kegiatan tarekat.

 

Hal ini ditandai oleh terbentuknya kelompok organisasi tarekat yang melaksanakan amalan-amalan zikir dan wirid tertentu. Pemimpin tarekat yang disebut Kiai itu mewajibkan pengikutnya untuk melaksanakan suluk, selama empat puluh hari dalam satu tahun dengan cara tinggal bersama, sesama anggota tarekat dalam sebuah masjid untuk melaksanakan ibadah-ibadah dibawah bimbingan Kiai. Nah, kurang lebih seperti itulah Darunnajah 13 juga terbentuk.

 

Aktifitas yang dilakukan oleh pengikut-pengikut tarekat ini kemudian dinamakan pengajian. Dalam perkembangan selanjutnya lembaga pengajian ini tumbuh dan berkembang menjadi suatu lembaga.

 

Pendapat yang kedua

Pesantren yang kita kenal sekarang ini pada mulanya merupakan pengambil alihan dari sistem yang diadakan oleh orang-orang Hindu di Nusantara. Kesimpulan ini berdasarkan fakta bahwa jauh sebelum datangnya Islam ke Indonesia lembaga ini sudah ada di negeri ini.

 

Pendiriannya pada masa itu dimaksudkan sebagai tempat mengajarkan agama Hindu dan tempat membina kader. Anggapan lain mempercayainya bahwa pondok bukan berasal dari tradisi Islam alasannya adalah tidak ditemukannya lembaga pesantren di negara-negara Islam lainnya, sementara lembaga yang serupa dengan banyaknya ditemukan dalam masyarakat Hindu dan Budha. (ghfr/dn13)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa