Arizqi Ihsan Jadi Alumni Terbaik Pendidikan Kader Ulama

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pendidikan Kader ulama (PKU) merupakan upanya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor dalam menyiapkan kader-kader khadimul ummah di masa depan. Tidak hanya diberikan pendalaman terhadap ilmu-ilmu keislaman, para kader juga diberikan ilmu-ilmu pendukung lainya supaya mereka menjadi ulama yang siap berkiprah ditengah masyarakat

Program ini bertujuan untuk mewujudkan kader ulama yang menguasai ilmu agama Islam dan ilmu-ilmu penunjang lainya sebagai latar wawasan keilmuan, terwujudnya kader ulama yang memahami dan tanggap terhadap masalah ummat, negara dan bangsa sebagai latar wawasan kepemimpinan, serta terwujudnya kader ulama yang berakhlakul karimah, tafaqquh fiddin dan iqamatuddin sebagai latar wawasan juang

Program ini adalah program beasiswa Non Gelar yang di adakan oleh MUI Kabupaten Bogor dalam waktu  6 bulan dengan fasilitas sebagai berikut: 1. Perkuliahan Gratis dengan para dosen ahli dari dalam dan luar negeri 2. Buku dan Materi perkuliahan, 3. Uang saku bulanan, 4. Jas MUI, 5. Tas, buku dan ATK, 6, Penginapan, snack dan makan

 

Tahun 2017 ini adalah Pendidikan Kader Ulama angkatan ke XI dengan mengambil tema “Creating Ulama With The Global Insight”. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang tidak bisa dihindari, dengan harapan agar para ulama mampu menyesuaikan dakwahnya dengan era digital saat ini.

Tanggal 07 Mei 2017 Arizki Ihsan mengikuti seleksi Pendidikan Kader Ulama MUI Kabupaten Bogor dengan beberapa tes yang sangat ketat, diantara  materi tes yaitu: 1. tes tulis dengan berbagai disiplin ilmu (aqidah, fiqih, tafsir, hadits, bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, wawasan kebangsaan, Matematika dan Psokologi), 2. Tes lisan, a. Tentang Al-Qur’an dan Hadits, b. Qiroatul Kutub dan Bahasa Arab, c. Wawasan Kebangsaan dan Motivasi, d. Wawancara Khusus.

Dari 138 orang dari berbagai utusan ormas Islam, MUI-MUI kecamatan dan pesantren-pesantren, dinas dan lembaga lainnya yang ada di kabupaten Bogor  terseleksi 50 orang yang lolos dan bisa mengikuti perkuliah.

Dalam sistem perkuliahan di PKU ada dua bagian yaitu on campus (kuliah dalam kelas) dan off campus (yaitu kegiatan perkuliahan di luar kelas sebagai pengganti perkuliahan di dalam kelas), waktu off campus yaitu empat kali pertemuan atau kurang lebih sebulan. Kegiatan pada saat off campus diantaranya yaitu: A Temu Tokoh. Pada angkatan ini ada beberapa tokoh Nasional maupun Lokal yang mereka temui dan menimba ilmu dari Prof Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, MS. (Guru Besar IPB, Ketua Umum BKsPPI, Pengurus MUI Pusat, Direktur Paskasarjana UIKA Bogor), Dr. Hamdan Zoelva, S.H, MH (Mantan Ketua MK), Ustadz Wasto, S.Hut (Ketua Komisi 4 DPDR Kabupaten Bogor), K.H. Ahmad Raodl Bahar (Ketua Dewan Penasehat Az-Zikra) K.H. Arifin Ilham (Tokoh Agama). B. MUI Goes To School, yaitu pogram Pemberian Materi Keislaman ke berbagai Sekolah yang ada di Bogor, Khususnya materi tentang Membentengi Aqidah & Akhlak Pelajar Dari Radikalisme, Terorisme Dan Aliran Sesat. MUI Goes To Majlis Ta’lim, hampir sama dengan MUI Goes To School hanya saja targetnya lebih ke Ibu-Ibu Pengajian. D. Bersih-bersih Kampung E. Berkunjung dan Tadabur ke Situs bersejarah yang ada di Kab.Bogor (ALDEPOS Tenjolaya).

Sedangkan kegiatan pada saat On Campus adalah kuliah dalam ruang kelas dimulai dari pukul 09.00 sd 22.00, namun bedanya adalah setiap mata kuliah yang telah dipelajari wajib untuk diresume dan diserahkan dalam pertemuan berikutnya kepada panitia. Tidak hanya itu,para peserta  setiap minggu juga  diwajibkan membuat tulisan refleksi dan dikumpulkan kepada panitia. Kemudian tugas hasil resume dan refleksi wajib dipublikasikan ke Blog yang telah dibuat. Tugas lainnya adalah resensi buku, publikasi Web dan Chanel Youtube (tugas kelompok), serta Tugas hafalan. Setiap peserta diwajibkan menghafal sejumlah Qowaid Ushuliyyah dan Qowaid Fiqhiyyah yang disetorkan kepada panitia setiap minggunya. Luar biasa, penuh dengan tugas.

Selama perkuliahan berlangsung tentunya banyak sekali ilmu-ilmu yang diperlajari, diatanya adalah, ulumul hadits, ulumul fiqh, qawaid fiqhiyyah, qawaid ushuliyyah,  ilmu tauhid, wawasan kebangsaan, politik, SG, FGD, Islamic Digital Library,/Maktabah Syamilah, ilmu da’wah, almodis dan aliran menyimpang, sejarah islam, ilmu falak, masail fiqhiyah, tafsir tematik, ilmu tasawuf modern, web design development, ilmu faroid, studi hadits, studi fiqih, bahsul masail.

Alhamdulillah pada 21 Desember 2017 ini adalah hari haru dan bahagia bagi para peserta PKU angkatan XI karena bisa lulus dan diwisuda tentunya dengan perjuangan yang luar biasa. Arizki Ihsan yang notabene alumni Pondok pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor yang baru saja menyelesaikan S2 Manajemen Pendidikan Islam UIKA Bogor terpilih dan ternilai  sebagai Mahasiswa Terbaik II dengan predikat Cum Laude dan juga diberikan penghargaan sebagai The Best Reflection’s Writer at Pendidikan Kader Ulama IX Bogor Districts.

 

Pemuda sholeh asal Cigudeg Bogor Barat tersebut berbagi Kiat suksesnya: Disiplin dalam segala hal (berpakaian, tepat waktu dalam perkuliahan, tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, tepat waktu dalam menyelesaikan tugas hafalan, aktif dan banyak membaca)

Berikut adalah curriculum vitae Arizki Ihsan

PERSONAL IDENTITY

Name                           : Arizqi Ihsan Pratama

Place, date of Birth     : Bogor, June 2nd 1992

Address                       : Kp. Cigudeg, RT. 003 RW. 002 Desa Cigudeg Kecamatan Cigudeg

                                      Kode Pos. 16660 Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Indonesia

EDUCATION EXPERIENCES

Formal Education:

  • 1997-1998 TK Al-Qur’an Tunas Karya Cigudeg Bogor
  • 1998-2004 SDN Cigudeg 05 Bogor
  • 2000-2003 Madrasah Diniyah Nurul Amal Cigudeg Bogor
  • 2004-2007 Madrasah Tsanawiyah Darunnajah 2 Cipining Bogor
  • 2007-2010 Madrasah Aliyah Darunnajah 2 Cipining Bogor
  • 2010-2014 S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ibu Khaldun Bogor
  • 2015-2017 S2 Manajemen Pendidikan Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor

Informal Education:

  • 2004-2010 Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor
  • 2012-2017 Pondok Pesantren Mahasiswa dan Sarjana Ulil Albab
  • 2017 Pendidikan Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bogor

JOB EXPERIENCES

  • 2012-sekarang Trainer Creative Motivation
  • 2013-2014 Pembina Pramuka SDN Situ Pete Kota Bogor
  • 2013-2014 Pembina Pramuka SMP Bosowa Bina Insani Kota Bogor
  • 2013-2014 Pembina Pramuka SMP YAPIS Kota Bogor
  • 2013-sekarang Pembina Pramuka MTs. Al-Arafah
  • 2015-2016 Pembina Pramuka SDIT AT-TAUFIK
  • 2016-2017 Pembina Pramuka SMK Pakuan Pajajaran
  • 2016-2017 Pembina Pramuka SMK Farmasi Galenium
  • 2013-2016 Divisi Ekonomi LAZ DPU Daarut Tauhiid Bogor
  • 2016-sekarang Divisi Pendidikan LAZ DPU Daarut Tauhiid Bogor
  • 2013-2014 Tutor Bahasa Inggris E-Learning Centre
  • 2012-2015 Tutor Bahasa Inggris ASSYC
  • 2014-sekarang Pelatih Pencak Silat MTs. Al-Arafah
  • 2013- sekarang Guru Bahasa Inggris MTs. Al-Arafah
  • 2016-sekarang Guru Bahasa Inggris SMK Pakuan Pajajaran
  • 2017-sekarang Dosen STAI Darunnajah Bogor

ACHIEVEMENT

  • 2007 Peserta Terbaik Kursus Instruktur Muda (KIM) 2007
  • 2009 Juara II Turnamen Pencak Silat se-Pondok Pesantren Darunnajah
  • 2011 Juara III Lomba KULTUM Aktivis Da’wah Kampus UIKA Bogor
  • 2012 Juara I Lomba Menulis Cerita Pendek Aktivis Da’wah Kampus UIKA Bogor
  • 2014 Juara I Lomba Menulis Cerita Pendek Aktivis Da’wah Kampus UIKA Bogor
  • 2017 The Best Reflection’s Writer at Pendidikan Kader Ulama MUI Kab. Bogor
  • 2017 Mahasiswa Terbaik II Program Pendidikan Kader Ulama MUI Kab. Bogor

FAVORITE QUOTATION

“Jadilah seperti pohon, ketika mereka melemparimu dengan batu, tetapi engkau balas dengan buah”.

edited and uploaded by mr. mim

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir