Apakah Jam yang kita gunakan sudah akurat? Inilah cara mengetahuinya

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Adalah salah satu tugas Ustadz Saeful Bahri sebagai bagian peribadatan pesantren untuk terus memantau kegiatan Ibadah di Masjid Darunnajah Cipining, salah satunya adalah keakuratan waktu yang digunakan di Masjid Jamik tersebut. Hal ini sangat diperlukan mengingat Jam tersebut dipakai sebagai acuan waktu Shalat dan Buka puasa, baik itu puasa senin- kamis, maupun puasa sunnah lainnya yang sudah menjadi tradisi para santri dan Guru di Pesantren, jika Jam tidak atau kurang akurat maka tentu Ibadah yang dilaksanakan juga akan terganggu.

blankDalam hal ini guru yang mengajar Bahasa Arab ini mengambil inisiatif untuk mencoba memeriksa keakuratan Jam yang ada di Masjid tersebut dengan Jam Online Dunia yang ada di Internet. Ada banyak situs-situs yang menyediakan layanan informasi waktu, namun kali ini Ustadz Bahri (demikian sapaan beliau) mencoba untuk masuk ke Time Genie.

Pertama-tama masuk ke alamat http ://ind.timegenie .com  (ind = untuk Bahasa Indonesia, pen), di tampilan awal website tersebut kita disuguhkan pada tiga pilihan cara untuk mencari informasi waktu Dunia. Pilihan yang pertma adalah “Pilih Daerah” Pilih daerah dengan cara mengklik pada peta yang tersedia untuk menemukan informasi waktu. Atau dengan pilihan kedua, yakni “Pilih Negara”, Memilih negara dari daftar adalah cara yang paling cepat untuk mendapatkan informasi waktu dan tanggal di sekitar negara yang diinginkan. Dan yang tyerakhir adalah “Mencari Kota” yakni dengan memasukkan nama Kota yang dimaksud kedalam Kotak Pencarian.

Dalam hal ini Ust Saeful Bahri mengambil langkah kedua yakni memilih Negara Indonesia. Pada menu tersebut kita disuguhkan informasi waktu berdasarkan tiga bagian waktu di Indonesia. Diantaranya Jakarta dan Kota Palembang mewakili Waktu Indonesia Barat (WIB),  Banjarmasin, Kota Denpasar, dan Makassar (Ujung Pandang) mewakili Waktu Indonesia Tengah (WITA), Ambon dan Kota Jayapura mewakili Waktu Indonesia Timur (WIT) yang masing-masing memiliki selisih waktu satu jam antara ke tiga bagian wilayah tersebut.

blankDari pilihan-pilihan kota tersebut, maka yang menjadi acuan adalah waktu Jakarta. Ketika dibuka waktu yang ditunjukkan pada website tersebut adalah Pkl 13.32 WIB untuk Jakarta, sedangkan waktu yang ada pada setingan Handphone penulis adalah Pkl 13.33 WIB, dan tentu juga bisa dibandingkan dengan Jam yang ada di Masjid Pusaka Darunnajah cipining, apakah sudah akurat, atau masih selisih beberapa menit.

Jika jam sudah tepat dan akurat, maka langkah selanjutnya adalah menyesuaikan waktu shalat lima waktu yang setiap dua atau tiga harinya terus berubah berdasarkan pergerakan peredaran matahari. Seperti yang telah Allah swt gariskan tentang waktu pelaksanaan Ibadah Shalat ini didalam surat An-Nisa ayat 103 yang berbunyi;

إِنَّ الصَّلاَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَاباً مَّوْقُوتاً

“…sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (Qs. An-Nisa’: 103)

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu `anhuma bahwasanya Nabi shallallahu `alaihi wa sallam menyebutkan perihal shalat dalam sehari, beliau bersabda (yang artinya).

“Barangsiapa yang mampu menjaganya, maka baginya cahaya penerang dan keselamatan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang tidak menjaganya, maka dia tidak akan mendapat cahaya penerang dan keselamatan pada hari kiamat, ia akan bersama Qarun, Fir’aun, Haman, dan Ubai bin Khalaf.” (Imam Mundziri berkata, “HR. Ahmad dengan sanad yang bagus”)

Semoga Bermanfaat, Wallahu a’lam (WARDAN/Abu Adara)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Selfie dan Wefie sebagai Media Dakwah dengan Lensa

Di zaman milenial sekarang ini, salah satu trend yang paling berkembang adalah foto selfie. Tidak dipungkiri, semua orang yang ada di dunia pasti pernah mengambil