Akhlak secara harfiah berarti kelakuan, budi pekerti, atau tata susila, akhlak secara istilah berarti kekuatan rohaniah manusia yang membuahkan amal-amal secara sepontan. Etika adalah kebiasaan dari kata etos bahasa yunani dapat pula di sebut moral yang artinya kebiasaan. Orang Inggris menyebutnya character identik dengan kelakuan.
Akhlak atau moral dalam pengertian umum adalah system yang lengkap yang terdiri dari karakteristik akal atau tingkah laku yang membuat orang menjadi istimewa, berikut ada dalam Syair-syair Arab :

خيرالناس احسنهم خلقا وأنفعهم لناس

“Sebaik-baiknya seseorang adalah yang paling baik akhlaknya dan paling bermanfaat bagi orang lain.
Itu artinya, sebaik-baiknya seseorang adalah yang paling baik akhlaknya, semuanya itu dilihat dari akhlaknya, bukan dari ilmunya”.

Dan akhlak itu terbagi menjadi 2 yaitu, akhlak mahmudah dan akhlak mahmudzah ;

Apa Akhlak Mahmudah ?

Akhlak mahmudah atau akhlakul karimah artinya perbuatan terpuji. Seperti contohnya kita bersedekah kepada yang membutuhkan, taat kepada orangtua, baik terhadap teman, dan lain-lainnya.

Lalu Apa Akhlakul Mazmumah itu ?

Merupakan perbuatan atau perlakuan yang tercela yang tidak pantas dimiliki oleh kita sebagai umat muslim. Seperti halnya mencuri, berbohong, menghina, sombong, dan lain sebagainya yang termasuk ke dalam hal yang tidak terpuji.
Kita sebagai makhluk hamba Allah harus memiliki akhlak yang bagus dan baik, harus memiliki akhlak yang mulia, Karena akhlak adalah salah satu mahkota didalam diri kita.

Dimana saja kita harus menerapkan akhlak ?

Di Mesjid, ketika posisi sedang berada didalam mesjid, maka pastikan kita semua dalam keadaan suci, salah satu akhlak yang akn kita terapak ialah salah satunya, jangan membuat rusuh, kegundahan dalam mesjid, karena mesjid merupakan tempat ibadah, yakni tempat yang sangat mulia, maka dari itu kita harus mmiliki akhlak, etika ketika sedang di mesjid.
Di Kendaraan Umum, adalah kendaraan yang digunakan oleh siapapun dengan mengguanakan beajasa, kendaraan umum itu artinya terdapat banyak kalangan orang, maka dari itu karena di dalam kendaraan umum itu di dalam nya, tidak hanya kita sendiri tetapi banyak penumpang yang lainya pula, sebab itulah kita harus memiliki akhlak dan etika.
Setiap umat muslim harus memiliki akhlak, Terutama kepada santri kami yaitu santri Pondok Pesantren Tsurayya Darunnajah 4, pendidikan yang paling utama adalah akhlak, kami selalu mendidik santri-santri kami, agar selalu berakhlak dimanapun, dan kepada siapapun. (DN4.Andhika)