Mengingat pentingnya bahasa di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sesuai dengan julukan pesantren yaitu “Bilingual Area” pesantren terus fasilitasi dan dorong para santri untuk dapat meningkatkan kepahaman, skill, minat serta bakat dalam berbahasa.

Tepatnya bulan lalu Pengurus OSDC Pi masa bhakti 2013-2014 bekali para santri dengan hadirkan berbagai ajang menarik yang berdomisili pendidikan Agama Islam maupun Pengetahuan Umum salah satunya dengan mengadakan kegiatan DAC (Darunnajah Arabic Club) dan DEC (Darunnajah English Club).

Dalam hal ini seluruh santriwati diwajibkan mengikuti ujian seleksi masuk DAC-DEC yang akan menghasilkan 30 santriwati terbaik dalam berbahasa Arab dan Inggris. Ujian DAC-DEC ini di antaranya diikuti oleh kelas VII, VIII, Intensif dan X. Adapun selebihnya yaitu kelas IX dan XII tidak diikut sertakan, mengingat padatnya jadwal ujian pada semester II ini. Kegiatan yang sangat menarik minat santri ini digalangkan langsung oleh Bagian Bahasa OSDC (Organisasi Santri Darunnajah Cipining) Putri.

Teknisinya setiap santri diberikan soal tentang kosa kata dan pengetahuan mengenai bahasa arab dan inggris. Para santri serentak hadir mengisi soal tersebut di Lap. Basket Kampus 1 Putri yang didampingi langsung oleh Kepala Bagian Bahasa dan juga Anggotanya tepatnya selepas shalat ashar berjama’ah di Masjid.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya Bahasa Inggris sendiri merupakan Bahasa Internasional yang dipakai oleh seluruh penjuru dunia, selain itu bahasa inggris pun merupakan kunci kesuksesan di zaman modern ini, tapi tidak hanya itu Bahasa Arab pun merupakan bahasa yang penting dan mulia, selain bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang sunnah Allahpun telah memilihnya untuk digunakan di dalam Kitab Suci Al-Qur’an serta bahasa yang sangat berpengaruh terhadap pendidikan. Menjunjung tinggi dalam segi moral dan meminimalisir perbuatan yang keji.

Dalam hal ini, dapat di buktikan langsung oleh beberapa para Alumni yang pernah Go International diantaranya: Cairo, Amerika Serikat, Jepang dll. kesempatan tersebut merupakan dasar atas kemahiran para santri dalam berbahasa.

Maka dari itu, marilah kita tingkatkan bahasa yang ada dilingkungan sekitar agar mampu mencetak para generasi yang mahir akan bahasa Arab maupun Inggris. semoga berbagai kegiatan dan fasilitas yang diberikan oleh pondok pesantren darunnajah cipining mampu menjadikan wahana yang efektif dan bermanfaat guna meningkatkan pengetahuan para santri dalam berbahasa.

Begitulah sedikit gambaran kegiatan Ujian DAC-DEC di Pesantren Darunnajah Cipining, semoga dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi seluruh keluarga besar darunnajah. Amin!

Tunggu informasi selanjutnya siapa saja yang berhasil masuk DAC-DEC 2014.

(WARDAN/Annisa)