Menu

Amalan yang dapat Mendatangkan Do’a dari Malaikat (2)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

doa mlaikat

  • Tidur dalam keadaan suci

Selalu menjaga kesucian diri telah dianjurkan oleh Rasulullah saw, dimana beliau selalu dalam keadaan suci. Tidur dalam keadaan suci selain mengikuti sunnah rasul juga menjadi sebabnya dido’akan oleh malaikat, sebagaimana dalam sabda Rasulullah saw, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdo’a, “Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci”. (HR Imm Ibnu Hibban)

Tidur dalam keadaan suci meruapakan tidur yang berkualitas karena sesuai sunnah, bernilai ibadah dan mendatangakan do’a dari malaikat.

  • Makan saur

Makan saur termasuk sunnah bagi orang yang berpuasa, karena Rasulullah saw meganjurkan setiap hambanya untuk makan saur ketika ingin berpuasa hal ini untuk memberi kekuatan agar tubuh mampu menahan diri ketika puasa disiang hari dan ternyata makan saur memiliki banyak manfaat selain untuk kekuatan fisik juga Allah swt dan para malaikatnya berdo’a untuk orang yang sedang makan saur. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah swt dan para malaikatnya bershalawat (berdo’a) kepada orang-orang yang sedang makan saur” insya Allah termasuk disaat saur untuk puasa ‘sunnah’”. (HR Ibnu Hibban dan Ath Thabrani)

  • Suka berinfak/sedekah

Memberikan sesuatu yang kita cintai kepada orang lain yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan adalah suatu bentuk kebaikan yang sangat mulia, berinfak/sedekah sangatlah dicontohkan oleh baginda Rasulullah saw meski dalam keadaan pas-pasan tapi beliau tetap memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, hal tersebut juga diikuti oleh para sabahat yang dengan senang hati berbagi dengan saudaranya bahkan sampai mensedekahkan semua barang yang dimilikinya, tidak lain karena ibadah tersebut sangatlah dicintai Allah swt, bahkan malaikatpun mendo’akan bagi orang yang suka bersedekah, Rasulullah saw bersabda, “tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepdanya, salah satu diantaranya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit (bakhil)”. (HR Bukhari dan Muslim)

  • Mendo’akan saudaranya

Saling mendo’akan sesama muslim merupakan kewajiban ummat muslim, mendo’akan saudara dikala terkena musibah, mendo’akan saudara agar diberikan keselamatan, mendo’akan saudara agar selalu dalam kebaikan. Dan sebaik baiknya do’a adalah mendo’akan saudaranya tanpa sepengetahuaan dari yang dido’akan. Do’akanlah semua saudara muslim kita, do’akanlah saudara kita meski ia tidak meminta kita do’akan. Sesungguhnya didalam do’a tersebut di amini oleh malaikat, Rasulullah saw bersabda, “Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kai dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut berkata, ‘aamiin’ dan engkaupun mendapatkan apa yang ia dapatkan”. (HR Imam Muslim)

  • Menjenguk orang sakit

Salah satu kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya yakni menjenguk dan mendo’akan saudaranya yang sedang sakit ataupun terkena musibah. Menjenguk orang sakit dan mendo’akannya agar segera sehat kembali sehingga mampu untuk mengerjakan ibadah seperti hari biasanya, hal ini untuk menjalin tali silaturahmi yang baik sesama umat islam. Satu muslim dengan muslim lainnya bagaikan satu tubuh dimana bila ada anggota badan yang sakit maka seluruh anggota badan akan merasakan sakitnya. Dibalik mulianya tindakan ini ternyata Allah swt berikan hadiah yang luar biasa, yakni dengan di do’akan oleh malaikat sebanyak 70.000. Rasulullah saw bersabda, “tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah swt akan mengutus 70,000 malaikat untuknya yang akan bershalawat (berdo’a) kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh”. (HR Imam Ahmad)

  • Suka mengajarkan kebaikan kepada orang lain

Sebaik-baiknya manusia ialah yang berguna untuk orang lain, orang kaya suka bersedekah kepada orang miskin, orang yang kuat suka menolong yang lemah, orang yang pandai suka mengajarkan ilmunya kepada yang belom tau, itulah sebaik baiknya manusia. Dan Allah swt memberikan kemulian kepada seorang yang alim dengan beberapa derajat dimana ia dengan suka hati megajarkan ilmunya kepada orang lain dan para malaikat bahkan semua makhluk hidup bershalawat (berdo’a) untuk orang yang alim yang mengajarkan kepada orang lain.

Rasulullah saw bersabda, “keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya bahkan ikan, semuanya bershalawat (berdo’a) kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain”. (HR Imam Tirmidzi)

Untuk mendapatkan do’a dari para malaikat tentunya kita harus dapat menjaga dengan istiqomah beberapa amalan diatas. Semoga kita tergolong hamba-hamba Nya yang dicintai Allah swt dan mendapatkan do’a dari para malaikatnya, aamiin. (Abs)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Yang Ditunggu Santri! Upacara Pembukaan Pramuka Mingguan

Greeting Scout! Kata tersebut merupakan salam andalan yang akrab di telinga para santri dalam kegiatan pramuka. Setelah sekian lama kegiatan ini resmi ditutup karna para