AKSES MENUJU DARUNNAJAH CIPINING SEMAKIN LANCAR

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pesantren Darunnajah Cipining terletak di sebelah ujung barat Kabupaten Bogor, tepatnya di Kecamatan Cigudeg yang bersentuhan dengan  Kecamatan Jasinga, Tenjo,  dan Parung Panjang. Dalam jarak 73 Km dari Ibukota Jakarta, akses jalan yang tepat melewati depan pesantren membentang antara Kalideres Jakarta-Jasinga Bogor . Di tahun 1990-an, Jakarta-Bogor ditempuh dengan mengendarai 1 buah bus bernama ‘Sadar’ dan ‘Mustika Sari’. Kemudian setelah beberapa lama fakum, trayek Jakarta-Bogor dilanjutkan PO. KJU yang bertahan hingga penghujung tahun 2008. Bus ini berjalan via Tangerang (Kebon Nanas, Bitung, Curug, Legok), dan Parung Panjang.

Jalan Menuju Darunnajah Cipining
Jalan Menuju Darunnajah Cipining

Saat ini, bus trayek resmi yang beroperasi telah tiada. Sehingga untuk mencapai pesantren Darunnajah Cipining dapat ditempuh melalui beberapa alternatif. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, dapat menggunakan angkutan berupa mobil angkot atau carry yang didapatkan di pasar Parung Panjang, bila dari arah Jakarta dan Tangerang. Namun jika dari Bogor, dapat mengambil arah Leuwi Liang lalu lanjut ke arah Jasinga. Sebelum  mencapai Jasinga, berhenti di pertigaan Bunar atau dikenal juga dengan Kadaka. Dari pertigaan tersebut, mengambil arah Parung Panjang dan Tangerang.

Memasuki arah Bunar menuju Parung Panjang, pengendara akan menemukan suasana pegunungan laiknya kawasan puncak. Di sepanjang jalan tertanami pohon-pohon kelapa sawit yang ditaman sedari 8 tahun lalu dan perumahan penduduk di beberapa lokasi. Namun, kenyamanan alam sekitar, sedikit terganggu dengan produksi perusahaan-perusahan pemecahan batu dari gunung-gunung yang ada.

Silat, salah Satu Kegiatan Wajib Santri
Silat, salah Satu Kegiatan Wajib Santri

Dan untuk meningkatkan pelayanan pengguna jalan antara Parung Panjang-Bunar, Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga telah menunjuk PT. Mekarjaya Abadipratama untuk melakukan pekerjaan perbaikan jalan.  Perbaikan jalan yang menelan biaya sebesar 25 Milyar dengan kontrak tertandangani tanggal 19 Maret 2010, rencananya akan dikerjakan selama 8 bulan plus perawatan selama 6 bulan.

Atas perhatian pemerintah dalam perbaikan sarana transportasi ini, pesantren Darunnajah Cipining merasa harus bersyukur. Semoga dengan kemudahan ini, akses menuju pesantren tercinta semakin efektif dan efisien. Sehingga para tamu dan wali santri yang hendak berkunjung merasa nyaman. Terlebih menjelang kedatangan para santri baru yang dijadwalkan pada tanggal 18 Juli nanti.

Menurut informasi panitia PSB (Penerimaan Santri Baru), saat ini, para calon santri berasal dari berbagai pelosok Indonesia. Harapannya, semoga kedatangan mereka ke Darunnajah Cipining memiliki kesan positif, baik dalam perjalanan, maupun terhadap pesantren itu sendiri (Wardan/Billah).

Perbaikan Jalan Masih Berlangsung
Perbaikan Jalan Masih Berlangsung

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Video Call Santri Dengan Orang Tua

Pesantren memberi fasilitas video call gratis bagi santri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan ayah dan ibu tercinta Darunnajah Principal’s Speech On The Courtesy Call