Akibat Bullying
Menu

Akibat Bullying

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Akibat Bullying

Ratna Djuwita Warouw (2007) menyatakan dalam diskusi nasional bahwa: bullying, selain membuat iklim sekolah tidak bersahabat, dampak lanjutnya adalah banyaknya siswa membolos dan berkembangnya fenomena putus sekolah. Bullying juga bisa membuat korban menjadi pribadi yang rapuh seperti sulit berkonsentrasi, perasaan rendah diri, tidak berharga, bahkan bunuh diri.

 

Penelitian Tentang Bullying

Sejumlah penelitian mengenai metode untuk mengurangi bullying di sekolah, tampak banyak dilakukan, dalam level sarjana maupun pasca sarjana.

Berbagai bentuk strategi tampak dikembangkan. Mulai dari strategi re-edukasi, menciptakan modul pendidikan anti bullying, pembentukan jaringan orangtua untuk mengatasi bullying, hingga metode terbaru yang Appreciative Inquiry dengan psikologi positifnya, menampakkan hasil yang menggembirakan.

                Dalam berbagai penelitian tersebut, sasaran intervensinya beragam. Mulai dari anak di lembaga pemasyarakatan, murid sekolah dasar, pihak guru, bahkan orangtua. Hal ini menggambarkan bahwa upaya untuk mengatasi perilaku bullying dapat dilakukan, tak terbatas pada pihak mana yang bersedia untuk berpartisipasi.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Pesantren Darunnajah Susun Protokol Menjelang New Normal

Pondok Pesantren Darunnajah Pusat dan Cabang sedang menyusun protokol kesehatan menjelang New Normal. Seperti direncanakan, pemerintah melalui Kementerian Agama  akan membuka kembali rumah ibadah dan

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Cerita Menarik dibalik Bulis Lail?

Adalah program jaga keamanan pesantren pada malam hari. Kalau di masyarakat biasa disebut ronda malam. Biasanya pada hari-hari aktif tugas mulia ini diamanahkan kepada beberapa