وَعَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم قَالَ: “إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِيْنِهِ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِيْنِهِ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ، وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ.” أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

Dari Ibnu ‘Umar Radiyallahu anhuma ia berkata: Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah makan dengan tangan kanannya. Dan apabila minum hendaklah dengan tangan kanannya juga, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

Sunggung agung ajaran islam, tidak hanya syari’ah yang diajarkan tapi kehidupan keseharian yang pribadipun diaturnya.

Makan merupakan kegiatan setiap manusia, tapi tidak banyak ajaran2 yang menjelaskan dengan detail cara-cara makan, bagi Islam makan bukan hanya sekedar mengunyah dan menelan makanan, tetapi terdapat do’a di dalamnya, salah satu penggalan do’a sebelum makan adalah “ya Allah berkahilah apa yang engkau berikan dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka” do’a pendek ini begitu syarat dengan makna, bagai mana tidak, di dalamnya ada permohonan keberkahan dan dijauhkan dari neraka. Oleh sebab itu, seseorang harus tahu dari mana makanannya berasal dan untuk apa tenaga yang dihasilkan dari makanannya tersebut.

*Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang*
Pondok Pesantren Putri Pertama di Tangerang Selatan

Jl. Apel 1, no 2, atas Pamulang Estate, Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.
WA: 081285178815, 087825502141
Web: www.darunnajah.com
FB: darunnajah9pamulang
Email: [email protected]
Tw: @darunnajah9