adab-makan

Manusia mempunyai sebuah aktifitas yang dilakukan setiap hari, bahkan beberapa kali dilakukan dalam sehari dimana bila tidak melakukan hal tersebut akan membuat manusia menderita bahkan yang terparah sampai kehilanngan nyawa yaitu aktifitas makan.

Begitu pentingnya aktifitas tersebut, Rasulullah saw mencontohkan kepada ummatnya bagaimana supaya kegiatan yang sering dikerjakan tersebut selain bermanfaat untuk kehidupannya juga bernilai ibadah sebagai bentuk kecintaannya melaksanakan sunnah-sunnah Rasulullah saw.

Lalu, bagaimanakah adab makan yang diajarkan oleh Rasulullah saw? Melalui sabdanya, Rasulullah saw bersabda, “Wahai ghulam, bacalah “Bismillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada di hadapanmu”. (HR Bukhari Muslim)

Mengingat kegiatan makan hal yang sering dilakukan dalam keseharian manusia, Rasulullah saw mengajarkan agar sebelum makan diawali dengan membaca Basmallah “Bismillah” atau “Bismillahirrahmanirrahiim” dilanjutkan dengan menyantap menggunakan tangan kanan (tangan yang baik) dan yang harus diperhatikan juga makanlah yang berada dihadapannya (khususnya ketika makan bersama, makanlah yang berada dihadapannya tidak menjulurkan tangan untuk mengambil makanan yang jauh dari jangkauannya).

Sederhana namun menyimpan keberkahan tiada tara karena bersumber dari Rasulullah saw, semoga kita semua bisa mempraktekan dalam kehidupan sehari-hari.

(MAS)