Search
Close this search box.
Antara Islam,Pendidikan dan Teknologi

Islam Antara Pendidikan dan Teknologi Serta Informasi Bagi Manusia

Islam Antara Pendidikan dan Teknologi Serta Informasi Bagi Manusia

Antara Islam,Pendidikan dan Teknologi
Antara Islam,Pendidikan dan Teknologi
Antara Islam,Pendidikan dan Teknologi
Antara Islam,Pendidikan dan Teknologi

Kemajuan Teknologi

Dalam menghadapi tantangan globalisasi yang berat pada zaman ini, Manusia tak henti hentiya menciptakan inovasi inovasi hebat demi mengimbangi perkembangan teknologi yang tak pernah berhenti. Manusia, yang sifat fitrahnhya ingin selalu berkembang, tak terkecuali dalam bidang ilmu informatika dan teknologi, ingin terus berinovasi mengadakan hal hal baru yg akan mempermudah pekerjaan sehari hari mereka termasuk dalam hal pendidikan.

Karena itu, lembaga lembaga pendidikan yg ada di Indonesia, terus melakukan inovasi dan terobosan baru demi terwujudnya kemudahan pendidikan yang selama ini mereka dambakan. Karena kemajuan teknologi yang sudah ada, lembaga pendidikan di Indonesia bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk kemudahan pendidikan yang mereka dambakan tersebut. Apalagi kita sebagai muslim yang dikatakan sebagai “ Rahmatan Lil’alamin”. Pondok Pesantren, sebagai Lembaga pendidikan Islam. Seharusnya, menjadi yang terdepan dalam perkembangan teknologi. Dan juga, di bidang pendidikan. terdepan dalam menemukan inovasi inovasi baru demi kemudahan pendidikan, terdepan dalam masalah informasi maupun persoalan Agama dan ibadah.

Keadaan Muslim

Ironisnya, fakta yg kita dapati sekarang, sekitar 80% orang muslim tertinggal dalam masalah teknologi apalagi dalam masalah perkomputeran dan programing. Pertanyaannya, kenapa? Karena kesadaran umat islam dalam bidang teknologi itu masih kurang, mereka beranggapan bahwa hanya akhirat yang harus dikejar, sehingga masalah teknologi kerap terabaikan. Padahal Allah sendiri sudah mengatakan,{وابتغ فيما اتاك الله الدار الاخرة ولا تنس نصيبك من الدنيا} Artinya”Dan carilah apa yang telah dianugrahkan Allah (kebahagiaan) kepadamu di Akhirat, dan janganlah kamu lupakan bagianmu di Dunia”. Dari ayat diatas kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa sebagai manusia, kita tidak hanya diwajibkan untuk mencari Akhirat saja, namun juga Dunia. Termasuk permasalahan teknologi yang mana, sebagian umat islam tidak tertarik untuk memprlajarinya.

Pesantren menjadi benteng terakhir

Dampaknya, ketinggalan umat muslimin dalam hal teknologi membuat pengaruh besar dalam pertumbuhan isam itu sendiri. Islam, yang seharusnya ada di depan, malah menjadi terbelakang, dan malah mempengaruhi perkembangan umat islam di Dunia. Padahal yang seharusnya umat Islam sendiri, bisa menguasai segala hal. Kalau kita yang sudah menyadarinya hanya diam saja, siapa lagi yang akan meningkatkan kesadaran umat Muslimin.

Sebagai renungan untuk kita semua, mari kita bersama sama fikirkan bagaimana keadaan umat Islam apabila dibiarkan buta akan teknologi. Kalau kita sadar akan hal itu. Mari kita sama sama meningkatkan kesadaran masyarakat kita. Agar, bisa lebih memperhatikan teknologi. Serta, memberitahu mereka apa yang sebaiknya mereka lakukan dalam menyikapi kemajuan teknologi, maupun informasi yang berkembang sekarang. Karena, dengan begitu kita juga sudah membantu perkembangan Islam sendiri.

Akhirat adalah segalanya. Tapi, demi perkembangan Islam kita juga butuh Dunia. Karena, dengan begitu kita juga sudah membantu jalan Allah. Sekian

(Iyadh Nazih)

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah