Menu

7 SUNNAH RASULULLAH SAW

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

7 sunnah Rasulullah saw

Rahasia hidup berkah, tentran dan bahagia

dengan mengamalkan 7 sunnah rasulullah SAW

 

1.TAHAJUD


Semua rasul, Nabi, kekasih Allah (auliya”) dan para ulama salaf tidak meninggalkan shalat tahajud. Ini merupakan ciri orang saleh dan ikhlas.

Shalat Tahajud dilakukan diwaktu malam (setelah tidur) karena disaat malam-sunyi tersebut melakukan shalat akan LEBIH KHUSYUK dan bacaan di waktu tsb LEBIH BERKESAN.

2.MEMBACA ALQUR’AN

Al-Quran merupakan petunjuk dan sumber mata kehidupan. Al Qur’an merupakan pedoman muslim untuk hidup dan menjalani kehidupan. Maka membaca atau tadarus Al-Quran itu penting sekali, kita tidak hanya diperintahkan membaca, tetapi juga memahami dan menghayati artinya serta dilanjutkan dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

3.SHALAT BERJAMA’AH DIMASJID


Masjid adalah rumah Allah. Masjid adalah sebuah tempat suci bagi orang-orang yang senantiasa mensucikan dirinya secara lahir maupun batin.  Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman- pengalaman rohani, mengokokohkan iman.

4.SHALAT DHUHA

Salah satu rahasia Shalat dhuha adalah karena Shalat Dhuha adalah sedekah.Shalat dhuha adalah ibadah sunnah yang senantiasa dilakukan Rasullah Saw .

5.SADAQAH SETIAP HARI

Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Seorang sudah bisa disebut mukmin yang sebenarnya, jika sudah bersedekah. Carilah rizki dengan sedekah. Demikian juga bertaubatlah dengan bersedekah, jika kita sakit juga hendaknya bersedekah. Banyak sekali ayat- ayat Al-Quran yang menegaskan dan memerintahkan akan hal ini. bersedekah merupakan tolok ukur dan ciri dari orang-orang yang beriman, shaleh dan bertakwa.

6.MENJAGA WUDHU TERUS MENERUS

jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah”.

7.AMALKANISTIGFAR SETIAP SAAT

Dengan istighfar masalah yang kita hadapi akan mudah terselesaikan. istighfar setiap saat dan dalam segala aktivitas apapun diperintahkan beristiqfar. Ketika kita mau tidur, mau makan dalam melakukan suatu pekerjaan, di jalan, di mobil dan di manapun hendaknya selalu dalam keadaan beristiqfar.

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

STAI Darunnajah

Sebab Munculnya Ilmu Kalam

Ilmu Kalam muncul setelah Rasulullah SAW wafat, ilmu Kalam merupakan ilmu yang berisi pembahasan tentang keyakinan. Munculnya Ilmu Kalam dipicu oleh diskusi politik yang melibatkan