Bagi sebagian orang, hujan dianggap menyenangkan karena bisa menjadi momen yang tepat untuk rehat dan mengulang kembali memori lama. Sebagian lagi menganggap hujan sebagai hal yang tidak menyenangkan, karena rutinitas mereka terganggu.

Terlepas dari pandangan orang lain, hujan turun ke bumi ini, bukan hanya menumpahkan jutaan tetesan air begitu saja. Namun hujan juga secara diam-diam turun bersama dengan banyak hal. Ajarkan dirimu untuk lebih baik, 6 makna kehidupan ini ternyata juga turun bersamaan dengan hujan yang membasahi bumi.

1. Ajarkan tentang kerja keras, hujan hanya akan terbentuk dari proses penguapan yang rumit dan panjang

Semuanya pasti tahu bahwa hujan terbentuk dari proses penguapan atau disebut juga evaporasi. Tahukah kamu proses penguapan tersebut bukan suatu hal yang mudah dan singkat. Namun hujan tetap berhasil melewati proses tersebut dengan baik. Hal ini patut kamu renungi dalam hidup, bahwa setiap keberhasilaan menuntut proses yang panjang dan rumit.

2. Kehadiran hujan laksana air yang sejuk, begitu juga kamu wajib menjadi penyejuk bagi orang di sekitarmu!

Rasakan begitu sejuknya butiran demi butiran air hujan membasahi dirimu dan bumi ini. Begitu sejuk dan tenang bukan. Hendaklah kamu sebagai manusia juga belajar dari hujan agar bisa menjadi penyejuk bagi orang di sekitarmu, dan terus menyebarkan aura positif.

3. Jangan pernah sia-siakan hidup ini, seperti hujan yang tidak pernah berlalu dengan sia-sia, selalu berakhir dengan indahnya pelangi dan hawa sejuknya

Pernahkah kamu melihat pelangi setelah hujan? Pernahkan kamu merasakan hawa yang sejuk setelah hujan berlalu? Setiap kali hujan, hujan selalu memberikan kesan damai dan tenang. Sayangnya, manusia sekarang berakhir dengan kegelisahan dan tekanan berlebihan. Kamu harus bebas dari hal itu, jangan sampai kamu menyesal karena telah menghabiskan waktu hidupmu hanya untuk stress dan tergesa-gesa, hingga tidak lagi menikmati setiap momen hidup ini.

4. Kita itu begitu istimewa, sama seperti hujan yang sangat diperlukan untuk kelangsungan bumi kita ini

Bayangkan apa yang akan terjadi, seandainya hujan sama sekali tidak turun membasahi bumi yang kita sayangi ini. Bumi bisa saja menjadi begitu panas, bahkan tidak cocok untuk ditinggali oleh manusia lagi. Maka bumi sangat bergantung dengan keberadaan hujan walaupun manusia kadang menggerutu karena hujan. Terlepas apa pandangan orang tentang dirimu, yakinlah kita adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang istimewa.

5. Kehidupan ini tidak selalu tentang bahagia atau sedih saja, sama seperti hujan yang membawakan kembali kenangan manis ataupun pahit

Jika kamu menginginkan kebahagiaan, maka kamu juga harus siap dengan penderitaan. Hidup tidak pernah selalu bahagia atau selalu menderita, semuanya akan berlalu. Sama seperti hujan, yang tidak hanya membawa kembali kenangan manis, tetapi juga membawa kenangan pahit.

6. Ketika hujan, persiapkanlah dirimu untuk berhenti sejenak dan renungi kehidupan ini.

Daripada mengeluh, karena aktivitasmu terganggu oleh hujan. Mendingan kamu ambil rehat sejenak, dan lihatlah tetesan air yang banyak itu membasahi bumi. Terkesan sepele, tetapi akan begitu bermanfaat bila kamu memanfaatkan waktu itu untuk kembali merenungi apa yang kamu inginkan dalam hidup ini.

Alam selalu punya cara sendiri dalam menyampaikan pesannya. Salah satunya dengan hujan yang membawa begitu banyak hal dalam kehidupan manusia.

(Santri Tv/Rafi)