Kesombongan Intelektual

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

wp-1451712612644.jpeg

وَإِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ وَلَا يَبْغِ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ

‘Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tidak seorang pun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lain” (HR Muslim no. 2865).

Sombong dan Menyombongkan diri adalah penyakit hati yang sangat berbahaya. Menurut Imam Ghazali, diawali dengan kekaguman insan kepada dirinya sendiri lalu mengangap rendah orang lain.
Penyakit ini wajib diwaspadai, karena tak hanya menyerang umat manusia biasa secara umumnya, akan tetapi justru kebanyakan menyereang orang – orang yang pandai, para pakar, termasuk para ulama, kecuali sedikit dari mereka yang mendapat petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT.

Nabi Musa AS pernah diangap telah melakukan “ Kesombongan intelektual” sewaktu beliau berkata “Ana a’lam-qaum” yang mengangap dia orang yang paling di Negeri ini.

Karena itu Nabi Musa di ingatkan oleh Allah dan diberi pelajaran dengan dua cara :
Pertam, Nabi Musa dipertemukan dengan soorang ( Khidir ) yang memiliki ilmu dan pengetahuan dan kerifan lebih jauh dan tinggi dari Musa.

Kedua, Allah mengajarkan Kepada Musa do’a yang isinya etos dan moral seorang ilmuwan “ Rabbi zidni ‘Ilman” Ya Allah tambahkanlah kepada hamba ilmu pengetahuan
Agar tidak seperti kodok di dalam tempurung, para pakar ilmu dan ulama harus belajar dan selalu menumbuhkan sikap rendah hati, seperti do’a yang diajarkan Allah Kepada Nabi Musa di atas, semoga kita bisa bersikap rendah hati dalam ilmu yang telah kita miliki, jika sifat rendah hati sudah ada dalam diri pribadi kita, maka segala sifat sombong akan hilang dalam diri kita.

Inggatlah “ Tumbuhan yang namnya padi semakin dia berisi dia akan tambah menunduk”

*Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang*
Pondok Pesantren Putri Pertama di Tangerang Selatan
Jl. Apel 1, no 2, atas Pamulang Estate, Pamulang Timur, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.
WA : 081285178815, 087825502141
Web : www.darunnajah.com
FB : darunnajah9pamulang
Email: alhasanahponpes@yahoo.co.id
Tw : @darunnajah9
Yt : Pesantren Putri Darunnajah 9

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor

Video Call Santri Dengan Orang Tua

Pesantren memberi fasilitas video call gratis bagi santri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan ayah dan ibu tercinta Darunnajah Principal’s Speech On The Courtesy Call