5 Tips Bijak Dalam Menggunakan Sosial Media

5 Tips Bijak Dalam Menggunakan Sosial Media

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

Media sosial atau social media adalah sebuah wadah daring atau online yang digunakan satu sama lain oleh individu, kelompok atau sebuah lembaga untuk dengan mudah berinteraksi, berbagi, berpartisipasi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Loading...

Di zaman sekarang sosial media semakin canggih hinga penggunaan sosial media juga harus diatur lebih disiplin lagi, kebanyakan anak-anak muda saat ini tingkat kedisiplinan mereka berkurang, maka dari itu sosial media termasuk salah satu hal harus yang harus diperhatikan.

Adapun penggunaan sosial media secara berlebihan dapat menyebabkan kemalasan, kecerobohan dan kelalaian. Dan masih ada banyak lagi kasus yang pernah terjadi di dunia ini akibat dari bermain sosial media.

Maka dari itu, gunakanlah sosial media sebaik mungkin dan sebijak mungkin. Gunakan untuk hal-hal yang cenderung lebih positif dan bermanfaat untuk orang banyak.

Apalagi di zaman sekarang banyak yang menyebarkan berita hoax atau juga bisa disebut berita bohong. Berita hoax banyak mengambil kepercayaan orang-orang yang membacanya, ada juga sosial media yang jika kita memposting foto di dalam foto tersebut terdapat kolom komentar dari orang yang kita tidak kenal atau pun orang yang kita kenal yang akan berkomentar apa yang kita posting ada yang berkomentar postif dan ada juga yang berkomentar negatif.

Komentar positif yang kita terima tentu akan menyenangkan hati kita dan jika ada berkomentar negatif tentu akan membuat kita kecewa atau marah itulah beberapa hal-hal negatif yang akan kita terima di sosial media, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menggunakan sosial media secara bijak yaitu:

Jangan Asal Posting Konten
Sadari betul bahwa akun media sosial kamu bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial.

Meski pun platform media sosial saat ini punya fitur privasi yang bisa kamu atur, namun tak ada salahnya menggunakan media sosial dengan lebih baik dan bermanfaat sehingga tidak menyinggung pihak lain.

Loading...

Tak Perlu Detail Mencantumkan Informasi

Di era digital yang semakin canggih, semakin canggih pula kejahatan siber. Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detail karena kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai. Protect your privacy!

Jaga Etika
Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika. Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.

Selalu Waspada dan Jangan Langsung Percaya
Akan selalu ada limpahan informasi atau orang-orang tak bertanggung jawab yang wara-wiri di media sosial. Kalau sudah begini, kamu harus waspadai diri sendiri dalam menyaring informasi-informasi yang tersebar.

Waspadai pula pengguna-pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal-hal lain yang tak diinginkan.

Filter Akun-akun yang Diikuti
Seiring perkembangannya, media sosial ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Kita acapkali ‘silau’ dengan kehidupan orang lain yang kita lihat di medsos, dan membandingkannya dengan kehidupan kita.

Padahal, semua yang tampil di medsos hanyalah kulit luar yang tidak kita ketahui isi sebenarnya. Mengatasi hal itu, ikutilah akun-akun bermanfaat, menghibur, atau kredibel yang justru bisa menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun.

(DN.COM/persputri2021)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah