Menu

5 Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Jambu Biji

Khasiat jambu biji

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 6 Februari 2019. Banyak sekali buah-buahan yang tersedia di negara kita. Apalagi negara kita termasuk negara yang beriklim teropis. Sangat mudah untuk kita untuk menanam buah-buahan dan banyak sekali manfaatnya.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari mengkonsumsi buah-buahan.

Kali ini kita akan membahas, Apa saja sih manfaat dan kandungan gizi yang terdapat pada buah jambu biji ?.

Banyak sekali pohon buah jambu biji di indonesia dan tidak susah juga untuk kita membeli buah tersebut.

Mari kita lihat yuk apa aja sih manfaat dan kandungan gizi dalam buah tersebut…..

Manfaat dan Kandungan Gizi Pada Jambu Biji

Kandungan gizi yang terdapat pada jambu gizi
Kandungan gizi yang terdapat pada jambu gizi

1. Tumbuhan jambu biji dapat mengobati penyakit diare.

Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh.

Daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium.

2. Tumbuhan jambu biji dapat Menurunkan hipertensi.

Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika Anda ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

3. Melancarkan saluran pencernaan

Manfaat jambu biji juga dapat diperoleh sebagai pelancar sistem pencernaan. Khasiat ini didapat dari kandungan serat yang tinggi pada jambu biji, sehingga dapat mencegah sembelit dan memastikan bahwa kuman baik di dalam saluran pencernaan tetap bekerja.

4. Mencegah demam berdarah

Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue. Daun jambu biji yang direbus pun diyakini dapat menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD, dan mampu meningkatkan jumlah trombosit pada penderita demam berdarah dengue.

5.Menyehatkan mata

Buah berwarna cerah seperti jambu biji merah, mangga, papaya, dan semangka, merupakan sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, vitamin A ini juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membuat kulit tetap sehat.

Created by : Muhammad Hafiz

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Alumni Darunnajah Lanjutkan Studi di IIUI Pakistan

Saat ini sudah sangat banyak alumni Pesantren Darunnajah yang melanjutkan pendidikannya di seluruh penjuru dunia dan salah satunya di Pakistan. Kali ini kita akan menceritakan,

Pondok Pesantren Putri Al-Manshur Darunnajah 3 Serang Banten

Praktek Manasik Haji

Serang, (18/02/20) seluruh santriwati kelas 3 Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah melaksanakan kegiatan Praktek Manasik Haji. Kegiatan Praktek Manasik Haji adalah salah satu materi dalam