3 Cara Mempercepat hafalan ala santri
Menu

3 Cara Mempercepat hafalan ala santri

belajar

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Halo, para pembaca yang berbahagia pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan memberikan kepada kalian semua tips atau cara mempercepat hafalan ala santri agar para pembaca semua  tidak malas dalam belajar yang khususnya untuk para siswa siswi sekalian yang akan menghadapi ujian semester 1 baik mari kita mulai membaca

1.Mindari Maksiat

        Baiklah ini cara menghafal cepat ala santri pertama yang akan saya berikan yaitu adalah menghindari maksiat. Bagi para siswa siswi sekalian yang pertama adalah menghindari maksiat ini adalah cara menghafal cepat pertama karena rata rata para siswa diluar pasti ada saja yang namanya melakukan maksiat seperti membully teman sendiri,melihat hal hal yang tidak baik dan masih banyak lagi.berikut ini adalah pepatah arab tentang menghindari maksiat agar dapat cepat menghafal:

شَكَوْتُ إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي, فَأرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ المعَاصي. وَأخْبَرَنِي بأَنَّ العِلْمَ نُورٌ, ونورُ الله لا يهدى لعاصي.
“Saya telah mengadukan kepada imam Waki’, tentang buruknya hafalanku. Lalu beliau memberi nasehat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasanya hafal ilmu itu adalah cahaya (karunia), dan cahaya Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat maksiat “.

2.Memperbanyak Ibadah

Baik para pembaca sekalian yang kedua adalah memperbanyak ibadah atau mendekatkan diri dengan sang maha kuasa seperti memperbanyak doa,memperbanyak sholat lima waktu, memperbanyak sholat sunnah seperti sholat tahajjud,sholat dhuha dan yang lainya.berikut adalah keistimewaan sholat tahajud untuk mempercepat hafalan:

من اراد أن يحفظ العلم فعليه ان يلازم خمس خصال : الأولى صلاة الليل ولوركعتين , والثانية دوام الوضوء , ولثالثة التقوى في السر والعلانية , والرابعة ان يأكل للتقوى لاللشهوات , والخامسة السواك .
“Barangsiapa yang ingin menghafal ilmu, maka ia mesti melakukan lima perkara : pertama , shalat malam (Tahajjud) walaupun hanya dua raka’at, kedua terus menerus punya wudhu’ (menjaga wudhu’),ketiga bertaqwa kepada Allah, baik ditempat sepi maupun ditempat yang ramai. Ke-empat, makan untuk meningkatkan ketaqwaan, bukan karena mengikuti hawa nafsu. Kelima, rajin bersiwak”
3.Mengulang Hafalan

       Baik yang terakhir adalah mengulang hafalan karena dengan cara ini kita dapat mempercepat dan mempertahankan hafalan kita hingga beberapa tahun, dan karena dengan cara ini para santri biasa menghafal cepat dan khusunya cara ini bias lebih ampuh pada waktu tengah malam, pada saat senja dan juga pada saat sehabis ashar.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tiga Tanda Kebahagian Seorang Muslim

Tidak ada satupun manusia di dunia ini kecuali dia sedang mencari dan mengharapkan suatu kebahagian, yaitu: “Kebahagiaan di dunia yang fana dan terlebih lagi kebahagian