Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 15 April 2019. Banyak sekali dari kita yang mempunyai tugas seperti presentasi, Berpidato, Bernyanyi di depan orang ramai. Nah, Pasti banyak juga diantara kita yang merasakan deman panggung atau nervous.

Demam panggung biasanya hadir ketika kita kurang akan persiapan.

Demam panggung biasanya hadir ketika kita kurang akan persiapan.

Demam panggung sering menimpa kita, Ketika pada saat berada di panggung, saat tampil didepan orang banyak baik itu ketika ceramah, Manggung, Perform band atau sekedar maju untuk menerima penghargaan.

Penyebab demam panggung biasanya adalah rasa takut yang berlebihan, Rasa takut, Rasa rendah diri, Rasa minder dan lain-lain.

Cara mengatasi demam panggung

1. Tumbuhkan rasa percaya diri . Kita harus yakin bahwa kita pasti bisa melakukannya, buanglah jauh-jauh rasa minder, karena pendengar adalah manusia sama seperti kita, jadi tidak perlu minder. Cukup katakan bahwa kita bisa melakukannya.

    Kita harus berfikir positif kalau kita bisa melakukan hal tersebut.Kita harus berfikir positif kalau kita bisa melakukan hal tersebut.

2. Berlatih berulang-ulang. Coba deh sebelum kita presentasi atau melakukan hal yang lain, kita berlatih terlebih dahulu agar kita bisa menguasai hal-hal yang ingin kita lakukan.

semakin banyak kita berlatih maka semakin siap kita untuk melakukan sesuatu

semakin banyak kita berlatih maka semakin siap kita untuk melakukan sesuatu

3. Jangan takut salah. Seringkali kita ketika diatas panggung pikiran stress adalah karena takut salah. Meski sebenarnya kita gak salah dalam berucap. Kita harus mencoba untuk membuang rasa takut salah karena bisa membuat pikiran kita kacau

Semoga bermanfaat …………………..

Created by : Muhammad Hafiz