3 Amalan Yang Tidak Akan Pernah Terputus

Amal adalah perbuatan atau pekerjaan yang dilakukan atau bisa sering disebut dengan perbuatan. Ada amal baik adapula amal buruk, amal buruk adalah perbuatan yang tidak terpuji. Sedangkan amal baik adalah segala perbuatan yang bersifat baik, terpuji, dan beramal shaleh.

Lalu 3 amalan apasaja yang tidak akan pernah terputus ???

Dijelaskan dalam Hadist Riwayat Muslim Bahwasannya :

عن أبي هريرة انّ ررسول الله قال : إذا مات ابن أدام إنقطع عمله إلاّ من ثلاث : صدقة جارية أو  علم ينتفع به أو ولد صالح يدعوله 

رواه مسلم

“ Dari Abi Hurairah R.a berkatara Rasulullah SAW bersabda : Apabila anka adam itu mati, maka terputuslah amalnya kecuali amal dari tiga ini : Sedekah berlaku terus menerus, Ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakan orangtuanya. “

Nah jadi, 3 amalan yang tidak akan pernah terputus itu adalah Sedekah, Ilmu, dan anak shaleh.

Sedekah adalah suatu perbuatan terpuji, yang mengajarakan kita kepada hal yang positif. Sedekah dapat dijabarkan pula dengan berbagi, sedekah sama dengan berbagi. Berbagi apapun itu, seperti berbagi makanan, minuman, harta benda, maupun bentuk yang lainnya, yang bersifat menolong oranglain. Ada dalam istilah kata lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah, itu artinya lebiih baik berbagi, bersedekah disbanding kita yang menerimanya. Inilah salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus walaupun kita sudah meninggal dunia, pahalanya akan selalu mengalir.

Ilmu yang bermanfaat, dengan ilmu yang bermanfaat ini tidak akan pernah terputus pahalanya, karena ilmu yang pernah diajarkan kepaada oranglain sampai bisa, lalu ketika suatu saat nanti kita meninggal. nah pahalanya akan terus menerus mengalir kepada kita sebab ilmu yang telah diajarkan tersebut, apalagi jika orang yang sudah diajarkan mengajarkan kembali kepada oranglain dan seterusnya, itu pahalanya akan selalu mengalir.(sampaikan walau hanya satu ayat)

Anak shaleh, anak shaleh dapat selalu mendoakan orangtua nya yang sudah meninggal. Maka dari itu anak shaleh merupakan salah satu dari 3 amalan yang tidak akan pernah terputus amalnya. (DN4/SipaNP)