JAKARTA/dn.com – Sabtu pagi, tanggal 20 Agustus 2011, bertepatan dengan 20 Ramadhan 1432 H, dua hari setelah perpulangan santri kelas I – V Tarbiyatul Mu’allimin/at Al Islamiyah (TMI) Darunnajah, lingkungan masih tampak sepi. Hanya lalu lalang segelintir orang. Hari ini merupakan awal kegiatan Harakah Akhir Ramadhan (HARAM). Suasana menjadi terasa sejuk nan damai.

Tepat setelah jamaah sholat subuh di Masjid Jami Darunnajah selesai, sebagian dari anak-anak kelas VI sudah kelihatan menyapu halaman dan jalanan di lingkungan Darunnajah. Mereka adalah yang mendapatkan jadwal piket kebersihan pada hari pertama kegiatan HARAM ini. dengan dibimbing oleh ketua Panitia ust Ricko Imano ganie, Lc. dan bagian keamanan, Ust. Kusnadi, perlahan mereka menyusuri sudut demi sudut jalanan, sehingga ketika hari sudah mulai cerah, Darunnajah sudah kelihatan bersih.

Semoga kegiatan Harakah Akhir Ramadhan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta kecitaan para santri menjelang akhir kelulusan kepada almamater tercinta Pondok Pesantren Darunnajah ini.