dha ra

Masa keemasan(golden age) adalah masa yang paling berharga bagi manusia, bisa dikatakan masa inilah yang akan mempengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia berikutnya. Karena di masa inilah otak manusia akan mudah menerima dan menyimpan hal hal yang akan dijadikan pedoman di masa selanjutnya.

Masa keemasan bagi anak berkisar antara 0-8 tahun, sehingga bagi orang tua harus benar benar memberikan perhatian khusus bagi putra putrinya yang berada di jenjang usia tersebut agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang shaleh dan cerdas.

Bicara tentang masa golden age yuk kita lihat kebiasaan Siswa/i RA Darunnajah dipagi hari.

Siswa/i RA Darunnajah sebelum mengawali pelajaran di kelas, seperti pada umumnya yang dilakukan ditempat pendidikan lain yakni di awali dengan berdo’a agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar, ber’doa di pandu oleh ibu guru dengan membaca lafadz do’a dan diikuti oleh seluruh saswa/i secara serempak dilanjutkan dengan pembacaan arti dari do’a tersebut.

Setelah membaca do’a siswa/i RA Darunnajah menuju ke Masjid Kampus 2 yang letaknya bersandingan dengan kelas. Apakah yang akan dilakukan di Masjid? Apakah belajarnya di Masjid? Untuk mewujudkan terciptanya peserta didik yang berilmu dan berakhlak mulia, berbagai terobosan pun dilakukan diantaranya yakni menerapkan praktik shalat dhuha sebelum pelajaran dimulai.

Sebelom praktik shalat dimulai terlebih dahulu diberikan arahan dan manfaat dari melaksanakan shalat dhuha tersebut oleh ibu guru, berjalannya praktikpun dibimbing oleh guru guru RA sehingga bisa berjalan dengan baik. Apa tujuan program ini?,”untuk pengenalan anak kepada bacaan dan gerakan shalat, dengan harapan akan tertanam dalam diri anak  untuk gemar shalat dhuha” ungkap Ustdah Fatimah. Selain berpengaruh untuk siswa/i RA Darunnajah ternyata program ini membawa pengaruh terhadap orang tua wali santri yang mengantar putra putrinya ke sekolah,”dengan adanya program ini ada beberapa wali santri juga ikut melakukan shalat dhuha di Masjid”.ungkap ustdah Herni Herliana guru RA Darunnajah. (Abs)