asyuraSebagai manusia yang tak luput dari dosa, sudah sepantasnya kita memburu amalan-amalan baik itu yang ringan dan yang besar, tentunya jangan ketinggalan untuk amalan yang ringan namun menyimpan pahala yang besar , seperti mendawamkan kalimat Tayyibah yang menjadikan timbangan amal kebaikan menjadi berat kelak di akhirat, bersedekah yang akan melipatgandakan rezeki dan amalan lainnya.

Menurut kalender Islam sekarang hari Ahad 9/10/2016 sama dengan tanggal 9 Muharram 1438 H, dikarenakan waktu dalam Islam dimulai dari magrib. Seperti kita ketahui tanggal 10 Muharram merupakan hari yang menyimpan kemuliaan, sebagaimana dalam Hadits, “Rasulullah saw ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah, beliau bersabda, “Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan yang akan datang”. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura, beliau bersabda, “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu”. (HR. Muslim)

Dari dasar dalil tersebut, Pondok Pesantren Darunnajah Cipining melalui bagian Ibadah dan Pengajaran menghimbau seluruh warga Pesantren (seluruh santri dan dewan guru) untuk melaksanakan puasa ‘Asyura tanggal 10 Muharram 1438 H. Sebagaimana didalam hadist puasa ‘Asyura afdhal diawali dengan puasa Tasu’a atau puasa tanggal 9 Muharram. Dimana tahun ini tanggal 9 dan 10 Muharram 1438 H bertepatan dengan tanggal 10 dan 11 Oktober 2016, hari Senin dan Selasa esok hari.

“Besok hari Senin dan Selasa akan dilaksanakan Puasa Tasu’a dan Asyuro ( 9 &10 Muharram)” himbauan dari bagian Ibadah dan Pengajaran Pesantren Darunnajah Cipining ustadz Saiful Bahri.

Mengingat begitu besarnya pahala yang tersimpan dibalik puasa ‘Asyura tersebut, yuk jangan kita lewatkan untuk melaksanakan puasa ‘Asyura yang hanya ada satu tahun sekali. Semoga kita semua diberi kemampuan untuk bisa menjalankan ibadah yang ringan namun menyimpan pahala yang luar biasa tersebut, Aamiin.

(MAS)