Yuk! Ikutin 7 Tips Hidup Sehat Seperti Nabi Muhammad SAW
Menu

Banyak orang bilang sehat itu mahal, padahal mahalnya kalo ketika kita sakit
Maka dari itu penting banget bagi kita untuk menjaga kesehatan biar gak kena penyakit.
Dibawah ini ada 7 tips hidup sehat ala Nabi Muhammad loh, Gak susah ditiru kok!

 

      1. Bangun dan Tidur Cepat.

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk bergadang, maka dari itu beliau melarang makan dan berbincang setelah waktu shalat isya. Saat waktu tidur telah datang, maka beliau akan tidur cepat. Waktu yang tepat untuk tidur ialah waktu setelah isya yakni sekitar pukul 21:30 dan bangun pukul 03:00 pagi. Setelah itu kita bisa bangun untuk mendirikan sholat malam hingga waktu subuh, ingat setelah subuh jangan tidur lagi ya!

 

2. Sering Berpuasa

blank

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang manfaat puasa, padahal amat sangat membantu bagi kesehatan kita. Secara tidak langsung berpuasa dapat menyembuhkan seseorang dari berbagai penyakit seperti tekanan darah, diabetes, asma, saluran darah dan gangguan pernafasan serta berbagai penyakit lainnya. Ternyata puasa dianggap sebagai senjata ampuh untuk mengatasi penyakit oleh dunia kedokteran.

3. Berusaha Untuk Menahan Amarah

blank

Orang yang paling kuat adalah orang yang dapat mengendalikan amarahnya, karna tingkat kekuatan seseorang terletak pada kebersihan jiwanya. Tidak mudah marah menunjukkan bahwa kamu memilih untuk menjaga kestabilan emosi yang baik, jadi kamu tidak akan mudah mengalami stress. Ini juga sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh kita.

4. Rajin Menjaga Kebersihan

blank

“Kebersihan pangkal kesehatan” pernah dengar kan? Yap betul sekali kesehatan memang sangat bersangkut paut dengan kebersihan.
Rasulullah selalu tampak bersih dan rapi. Setiap hari Kamis atau Jumat beliau memotong kuku, mencukur rambut halus di pipi dan bagian lainnya serta tidak lupa memakai wangi wangian dan bersisir rapi setiap hari. Kita juga bisa mengikuti cara beliau membersihkan mulut dan gigi beliau dengan cara bersiwak.

5. Menjaga pola makan

Dalam hal makan juga perlu di atur, kita harus menjaga pola makan agar hidup kita sehat. Rasulullah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, artinya beliau tidak berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan yg di hadapinya. Segala sesuatu yg berlebihan memang tidak baik, dan ini terbukti sangat secara ilmiah.

 

6. Gemar berolahraga

blank

Metabolisme tubuh juga dapat dikendalikan dengan olahraga yang seimbang. Rasulullah mengajarkan untuk melakukan olahraga seperti lomba lari, berkuda, bergulat, berenang dan juga memanah. Beliau mengetahui tentang manfaat dan pentingnya olahraga bagi kebugaran dan kesehatan tubuh.

 

7. Gemar berjalan kaki

blank

Saat ini orang malas sekali untuk berjalan ke arah arah yang dekat, mereka memilih untuk menggunakan kendaraan seperti motor dan lainnya, padahal berjalan kaki dapat membuat kamu berkeringat sehingga pori pori tubuh terbuka dan dapat melancarkan peredaran darah.
Rasulullah selalu berjalan kaki menuju tempat tempat yang memang masih ditempuh dengan perjalanan kali. Seperti saat menuju ke masjid, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk hidup sehat ala Rasulullah. Tidak sulit untuk ditiru bukan?

 

/Zet.