Penyakit lidah ternyata bisa membawa kita masuk kedalam api neraka. Mau tau apa saja penyakit lidah yang dapat menyebabkan kita tidak dapat masuk Neraka?  Berikut beberapa penyakit lidah yang sudah seharusnya kita hindari dalam kehidupan sehari hari.

Penyakit lidah yang dapat menjerumuskan kita kedalam kemungkaraan  yaitu:

  • Membicarakan hal hal yang tidak bermanfaat

    membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

    membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

    Batasan perkataan tentang hal – hal yang tidak bermanfaat adalah pembicaraan yang sekiranya dia diam ( tidak membicarakannya), maka hal itu tidak akan  menyebab kan berdosa dan tidak pula  berbahaya terhadap ihwal dan hartanya.

  • Batasan perkataan tentang Berbicara berlebihan

Batasan pembicaraan yang berlebihan adalah berbicara lebih dari kadar yang diperlukan. Jadi sebaiknya kita berbicara yang penting dan bermanfaat.

  • Terlibat dalam kebatilan

Batas perkataan yang terlibat kemaksiatan adalah pembicaraan tentang kemaksiatan, seperti menceritakan keadaan persetubuhan, majelis – majelis, minum khomer, tindakan kedzaliman, dan cerita tentang mazhab – mazhab pengikut hawa nabsu.

  • Perbantahan

membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

Batasan perbantahan adalah menyanggah orang lain dengan menampakan celaan dalam ucapan, makna, dan maksudnya.

  • Pertengkaran

Batasan pertengkaran adalah berkeras kepala dalam perkataan dengan menampakan permusuhan dengan maksud menyakiti, mencampurkan pertengkaran dengan kata – kata menyakitkan sebetulnya tidak diperlukan dalam menguatkan alasan.

  • Kepura – puraan dalam perkataan

Batasan kepura – puraan dalam perkataan adalah berbicara dibuat – buat seperti orang fasih.

  • Berkata keji

Batasan berkata keji adalah mengungkapkan hal – hal jelek dengan ungkapan- ungkapan yang jelas.

  • Melaknat

membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

membicarakan hal-hal yang tidak bermanfaat

Batasan melaknat adalah mengutuk hal-hal yang tidak dibenarkan oleh Allah Swt.  Tidak boleh mengutuk kecuali kepada orang yang dijuluki dengan sifat-sifat yang Allah Swt. laknatkan kepadanya. Sifat –sifat yang menuntut laknat ada 3 yaitu, kekufuran, bid’ah, dan kefasikan. Kita boleh melaknat setiap kelompok itu, tetapi tidak boleh mengutuk individu dari kelompok tersebut, kecuali kepada orang yang diketahui mati didalam kekufuran.

  • Bersenda gurau

Senda gurau dilarang kecuali yang ringan, bukan dusta, dan tidak menyakitkan.

  • Mengejek

Batasan mengejek adalah mengingatkan tentang ilmu atau kekurangan sambil menertawakan.

  • Menyebarkan rahasia orang

Menyebarkan rahasia orang lain adalah haram jika dapat menimbulkan kerugian, jika tidak menimbulkan bahaya, maka hal itu tercela.

  • Janji Palsu

Janji palsu termasuk tanda-tanda kemunafikkan apabila berjanji dengan niat tidak akan ditepati atau diingkari tanpa ada halangan. Kalau ada niat akan menepatinya, lalu tiba-tiba muncul halangan sehingga janji itu tidak bisa di tepati, itu bukanlah kemunafikkan.

Itulah beberapa penyakit lidah yang harus kita hindari dalam kehidupan kita. Semoga  bermanfaat!!!!!

(adm_DN11)