Pendidikan Kepramukaan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi kaum muda agar menjadi warganegara yang berkualitas serta mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat, baik nasional maupun internasional.

Kak M. Towwil Akhirudin, S.Pd
Kak M. Towwil Akhirudin, S.Pd

“Patah tumbuh hilang berganti, belum patah sudah tumbuh, belum hilang sudah ada gantinya” Ungkap Kak M. Towwil Akhirudin, S.Pd dalam sambutannya. Beliau adalah kakak Pelatih Pramuka Darunnajah yang menjelaskan sistem kaderisasi dalam pesantren.

- Advertisement-

Yayasan Darunnajah kembali mencetuskan strategi  baru untuk mencetak para Pembina Pramuka yang unggul dan berkompeten.

Kegiatan yang dimaksud adalah Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Golongan Penggalang Angkatan  ke-16 dan Penegak Angkatan ke-17 yang dilaksanakan di bumi perkemahan Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom, Gunung Sindur.

Kegiatan tersebut berjalan selama 6 hari, mulai dari tanggal 02-08 Maret 2019. Peserta yang ikut berjumlah 44 peserta yang terdiri dari 29 Golongan Penggalang dan 25 Golongan Penegak.

Peserta KML berasalah dari Yayasan Darunnajah, Pesantren Darul Muttaqien, Pesantren Al-Ghozali, dan Pesantren Fajrussalam.

Berikut adalah Susunan TIM Pelaksana Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Kwartir Cabang Kabupaten Bogor Tahun 2019 di Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 Cidokom, Gunung Sindur

Para Pelatih KML
Para Pelatih KML

Penanggungjawab Pelaksana

Sunandar (Wakil Ketua Bidang Binawasa)

Panitia Pelaksana

Ketua

Edi Mulyadi, S.Pd, MM (Ka. Pusdiklatcab Kab. Bogor)

Sekretaris

Dian Sukmawan, M.Pd (Sekretaris Pusdiklatcab Kab. Bogor)

Anggota

Taufik Rachman, SE (Staf Kwarab/TU Pusdiklatcab Kab. Bogor)

Tim Pelatih

Pimpinan Kursus Penggalang

Muh Soleh, S.Pd

Sekretaris

Panji Tri Anggoro, S.Pd

Tim Pelatih

Rita Surya Puspitasari, S.Sos

Enjang Sujana, S.Pd

Solihat, S.Pd, MM

Wahyu Hidayat, S.Pd

Nenni Mashitoh Nurbaeti, M.Pd

Pimpinan Kursus Penegak

Edi Mesuadi, S.Ip, M.Si

Sekretaris

Asrul Muzky, S.Kom

Tim Pelatih

Saepul Hadi Scada, S.Pd

Deden Kusmawan, S.Pd.I

Muhammad Jayadi, S.Pd

Siti Jubaedah, S.Pd

Towwil Akhirudin, S.Pd

Para pelatih yang diutus telah memberikan kepuasan tersendiri bagi para peserta. Hal tersebut terbukti dari padatnya agenda yang dikemas dengan sangat rapih serta berjalan sesuai dengan rencana.

Bahkan, pelatih sangat memberikan peluang kepada para peserta untuk terus aktif dan mempersiapkan segala sesuatu dengan sendiri.

Desain tersebut betul-betul membentuk mental peserta untuk menjadi pembina yang berkompeten. Mandiri serta berfikir kreatif, itulah kunci utama yang pelatih berikan kepada para peserta.

Semakin bertambah hari, maka semakin banyak tantangan yang pelatih berikan kepada para peserta. Apa tantanga yang dimaksud?

Telor Penggalang
Telor Penggalang

Setiap peserta golongan penggalang diberikan amanah untuk bisa menjaga 1 butir telur agar tidak hilang bahkan pecah. Jika hal tersebut terjadi, maka konsekuensi (hukuman) yang harus dilakukan adalah, mereka harus menggantinya dengan 1 kg terlur utuh.

Sedangkan setiap ambalan di golongan penegak, diamanahkan untuk menjaga 1 ekor Ayam, agar tidak hilang ataupun mati.

Kedua amanah tersebut, memiliki arti tersendiri. Bukan hukuman yang pelatih harapkan, melainkan untuk mengetahui karakter para peserta.

Seberapa jauh mereka bisa mengemban amanah yang diberikan tersebut.

Terbukti, ada satu peserta yang meninggalkan telurnya, kemudian hilang. Setelah itu, seluruh peserta dikumpulkan oleh pelatih, dan diberikan nasehat.

Kak Muh Soleh, Pimpinan Pelatih Penggalang
Kak Muh Soleh, Pimpinan Pelatih Penggalang

“Hanya dengan telor, semua karakter kalian bisa terbuka dan terlihat, mulai dari keegoisan, teledor, tidak peduli dengan sesama, dan masih banyak lagi. Apakah karakter ini yang akan ditanamkan oleh seorang pembina pramuka?! Kalian harus lebih berhati-hati lagi dalam bertindak dan melakukan segala sesuatu.” Tegas Kak Muh Soleh (Pimpinna Pelatih Penggalang) dihadapan para peserta golongan penggalang.

Keadaan semakin sunyi, masing-masing peserta segera melakukan evaluasi diri. Dari hal tersebut, para peserta mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupannya.

Selain materi kehidupan, para pelatih juga memberikan aneka game menarik dan mendidik yang sangat cocok diberikan kepada andika pramuka.

Diakhir acara, para pelatih mengumumkan beberapa peserta terbaik KML yang sudah dipertimbangkan dari berbagai sisi, mulai dari keaktifannya dalam mengikuti rangkaian acara, dan seberapa besar mereka dapat meraih nilai ketika mengikuti tes.

Peserta Terbaik KML 2019
Peserta Terbaik KML 2019

Peserta Terbaik  Penggalang

  1. Iwan Gunawan
  2. Zulfikar Ali Sya’ban
  3. Uul Khofifah

Peserta Terbaik Penegak

  1. Lovina Kurnia Putri
  2. Dzikri Ayatullah
  3. Muhammad Tartusi

    (WARDAN/Mbafer)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.