Ust. Syaiful Hadi S.Pd.I MT Ikuti Program Teacher Exchange di London
Menu

Ust. Syaiful Hadi S.Pd.I MT Ikuti Program Teacher Exchange di London

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

wwAlhamdulillah setelah tiga minggu proses pengajuan Visa program pertukaran guru diterima. Hal ini cukup membuat khawatir para peserta di menit-menit terakhir sebelum berangkat. Visa tersebut diproses di Kedutaan Inggris yakni Bangkok dan dikirim kembali ke Jakarta,  akhirnya Ustadz Syaiful Hadi S.Pd.I MT, Guru Bahasa Inggris Pesantren Darunnajah Cipining mendapatkan kesempatan ikuti program pertukaran Guru di Inggris  (Teacher Exchange ) 2013, terhitung sejak tanggal 10 Mei hingga 22 Mei 2013.

Jum’at, (10/05/13) salah satu guru darunnajah cipining bersama 8 peserta lainnya dari pesantren Darunnajah Pusat berangkat dan dilepas oleh para guru dari tim-19 di Baitul Waqif. Mereka adalah 3 guru dan 6 santriwati: Ustadzah Rizma Ilfi (Koordinator Program), Ustadz Much Hasan Darojat (Darunnajah International Relations), Ustadz Syaeful Hadi (Guru Pondok Pesantren Darunnajah Cipining), Asna Yusrina, Cahyani Anjaruddin Gadubun, Zulha Annisa Ichwan, Yulia Maulidina Fitriana, Annisa Chusnul Muasaroh, dan Nurul Fasivica Lubis.

Kerjasama antara Pondok Pesantren Darunnajah dengan berbagai pihak Luar negeri hingga sekarang ini telah berjalan dengan baik. salah satunya adalah kerjasama dengan Holy Family School di Keighly, United Kingdom (UK). Untuk program ini telah berjalan selama 7 tahun dan masih berkelanjutan dengan adanya pertukaran Guru.

Setelah para peserta tiba di Machester, dijemput oleh 2 Guru Holy Family Catholic Schhol (HFCS) yakni John Parker dan Claire (keduanya pernah datang dalam program ini ke Pondok Pesantren Darunnajah) dan bergegas menuju ke Keighley. Ke-9 peserta tersebut diterima oleh pihak sekolah yang bertanggung jawab dengan program ini, Eilleen, beserta para Host Family yang akan ditempati oleh para santri Darunnajah. Pertemuan ini sebagai perkenalan lanjutan sekaligus serah terima para santri dari pihak Pondok Pesantren Darunnajah kepada para Host Family. Hal inipun mendapatkan respon positif oleh “Teacher Farzana” selaku host family yang akan menjadi rumah baru para peserta Teacher Exchange 2013. Ke-9 peserta tersebut direncanakan akan tinggal di Negeri Inggris selama 2 pekan tepatnya di west Yorks Spring Mont Garden Rood.

Ke-2 guru tersebut mendapatkan kesempatan belajar mengajar di HFCS untuk tingkat SMP dan SMA. Ust. Saiful sendiri mengajarkan tentang Indonesia Culture dalam pelajaran Geografi. hal itu berjalan selama 2 pekan dari pagi hingga sore.

sssalah satu hal yang paling istimewa selama program tersebut, menurutnya adalah saat dirinya terpilih sebagai delegasi yang  menjadi pembina pramuka di Keighly Scout Movement. Yang mencakup tingkatan Penggalang dan penegak. Didalam materinya Ust. Saifulpun menayangkan kegiatan-kegiatan pramuka yang ada di Indonesia khususya di Pesantren Darunnajah Cipining. Dan mengajak para murid-murid untuk mengenal pramuka secara indoor maupun outdoor. Tak salah bahwa Ust. Saiful Hadi sendiri merupakan Ka. Mabikori pesantren darunnajah cipining.

Sebelum berpisah diadakan pula pertemuan MOU, yang dilaksanakan oleh pimpinan darunnajah Pusat Dr. Sofwan Manaf M.SI dengan (head teacher hfcs). Disaksikan pula oleh wali kota Keighly, Mendikbud KBRI london ambasador Prof. Dr. Fauzi. dan British Council di London.

Menurut Ust. Saiful Hadi sendiri setelah merasakan pertukaran guru di Inggris,  keadaan dan suasana belajar mengajar cukup baik dan nyaman. Selain canggih dan modern dalam hal teknologi sumber daya manusiapun sangat baik terlihat atas kedidiplinan, on time dan tenang. Tak hanya itu dalam rangka Teacher Exchange menaungi adanya pengenalan budaya khususnya untuk kota Yorks sendiri. Para peserta diajak untuk melihat langsung sekaligus berpartisipasi dalam rangka menceritakan kebudayaan dan kekayaan SDM, SDA yang dimiliki Negara Indonesia.

Program ini sangat positif, karena penting bagi kita untuk mengetahui budaya dan agama-agama di negara lain, menjadikan wahana berbagi yang edukatif dan membua wawasan kita semua lebih luas lagi tentang dunia.

gggPara pesertapun kunjungi tempat-tempat pariwisata, baik wisata alam maupun yang lainnya, sebagai representasi dari Negara Inggris Diantaranya: sekolah Jamiah Madina el-Islami di Bradford, Universitas Oxford, Big Band, Buckingham Palace, Museum London, Shakespeare Museum, Malham, London Ice, Yorks, Manchester United Dll.

Semoga kesempatan ini menjadi pengalaman berharga bagi mereka, mendapatkan pengetahuan tentang keanekaragaman budaya dan wawasan dari perjalanan ini. Bukan hanya untuk diri sendiri melainkan menjadi hal positif bagi keluarga besar darunnajah cipining dan masyarakat lainnya.

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait