Ust. Nasikun, SE,"Nak...Jangan Pernah Remehkan Ujian di Pondok"
Menu

Ust. Nasikun, SE,”Nak…Jangan Pernah Remehkan Ujian di Pondok”

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

1373587400505Pesan moral di atas disampaikan langsung oleh Ust. Nasikun, SE, di hadapan ratusan santri Darunnajah Cipining baik MTs dan MA dalam apel pagi mingguan (sabtu, 21/11/13) di lapangan futsal kampus 1. Tentunya pesan tegas tersebut tidak muncul begitu saja, melainkan ada yang mendasari khususnya perihal Ujian Akhir Semester yang tinggal menghitung hari saja.

Selain kepala-kepala sekolah yang proaktif sosialisasi ujian, guru-guru bidang studi, wali-wali kelas dan pengurus OSDC pun ikut proaktif dalam hal ini. Santri bisa merasakan langsung, di masjid selalu digembar gemborkan, di semua kelas diadakan pemeriksaan kelengkapan buku dan catatan santri oleh setiap guru bidang studi, tulisan pengingat ujian di papan tulis setiap hari selalu diganti, pengawasan belajar ba’da shubuh, ashar dan isya pun di maksimalkan, dan tentu saja kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang lain terlebih dahulu ditutup.

Beberapa cara tersebut di atas sudah menjadi kebiasaan bahkan budaya pesantren dari tahun ke tahun setiap menjelang ujian, dan tidak sedikit efek positifnya bagi santri. Sebagai follow up, banyak santri yang segera menyelesaikan target hafalan dan praktek ibadah amaliah, segera menghafal materi-materi wajib yang diujikan di ruang ujian lisan.

Tidak hanya sampai di situ saja, setiap jam-jam belajar, santri mendapat pengawasan dari guru-guru pengawas yang sudah terjadwal dengan tertib, agar menghindari kemalas-malasan santri dalam belajar, dengan dipimpin doa pembuka dan doa penutup belajar oleh pengawas. (WARDAN/Elana TodoMoreNurwachidah).

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait